Celebes

Kamis, 30 April 2020 - 20:36 WIB

1 bulan yang lalu

logo

Salahseorang siswa, Sinta Dewi.

Salahseorang siswa, Sinta Dewi.

Belajar Online Mulai Dikeluhkan Siswa Pelosok.

POLMAN, pojokcelebes.com | Teknik belajar via online yang selama ini dianjurkan oleh kementerian pendidikan RI selama pandemi Covid 19, rupanya sudah mulai dikeluhkan oleh siswa terutama di pelosok wilayah Kabupaten Polewali Mandar ( Polman ) karena minimnya akses internet.

Misalnya Sinta Dewi, salah satu siswa SMP di Desa Batu, Kecamatan Tapango Kabupaten Polman, mengaku harus libur total selama pandemi Covid – 19 karena tidak bisa mengikuti pelajaran secara online.

“ Daerah sini dari dulu tidak ada jaringan internet sehingga menghambat belajar online,” katanya saat ditemui di rumahnya di Desa Batu, belum lama ini.

Tak hanya akses internet yang dikeluhkan siswa kelas 7 ini, ia juga mengeluhkan tak bisa mengikuti pelajaran melalui siaran televisi TVRI. Sebab televisi di daerahnya juga tak semuanya bisa mengakses saluran TVRI.

Dirinya hanya bisa berharap agar pandemi Covid 19 ini segera berlalu agar ia dan siswa lainnya bisa kembali belajar disekolah seperti biasa

Salahsatu pengakuan seorang guru SMP Desa Batu, Siti Raodah mengatakan dirinya dan tenaga didik di sekolah tersebut sedang menunggu informasi dari Dinas Pendidikan untuk metode belajar di daerahnya. Sebab akses internet yang tidak ada membuat proses belajar berhenti.

Ia merasa bingung, bila diminta menyambangi langsung siswanya untuk belajar karena selain jumlah siswa yang tak sedikit dan jarak rumah siswa yang relatif berjauhan antara satu dengan yang lainnya, terlebih saat pemerintah meminta agar tetap berada di rumah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

” Kita menunggu kebijakan yang akan diambil dinas pendidikan Polman, soal sekolah kami yang terdapat di pelosok dan tak ada akses internetnya” Ucapannya. | Rah

Sedangkan kepala bidang pendidikan dan pengajaran, dinas pendidikan kabupaten Polewali mandar Nurman AN mengatakan saat ini terdapat sekitar 50 sekolah yang tidak bisa melakukan aktivitas pembelajaran siswa di tengah pandemi Virus Corona (COVID-19). Pasalnya sekolah yang berada di pelosok Polman tersebut tak bisa belajar online karena tidak tersedianya akses internet.

“Oleh karena itu kami berharap para guru di sekolah yang tidak bisa akses internet menyambangi rumah muridnya supaya proses belajar tetap berlangsung,” tandasnya. | Ani

Artikel ini telah dibaca 760 kali

Baca Lainnya