Hukrim

Jumat, 8 Mei 2020 - 15:51 WIB

4 minggu yang lalu

logo

Kapolres Majene bersama Kasat Reskrim membeberkan barang bukti Upal dan barang lainnya milik kedua tersangka.

Kapolres Majene bersama Kasat Reskrim membeberkan barang bukti Upal dan barang lainnya milik kedua tersangka.

Polsek Malunda Ungkap Pelaku Pengedar Uang Palsu

MAJENE, pojokcelebes.com | Ditengah pandemi Covid – 19, masih ada juga orang yang memanfaatkan kesempatan melakukan tindak kejahatan dengan beragam modus.

Belum lama ini, Satuan unit Reskrim Polsek Malunda Kecamatan Malunda Kabupaten Majene. Berhasil menggagalkan Dua orang pelaku pengedar uang palsu ( Upal ) dengan barang bukti ( babuk ) kertas menyerupai uang asli senilai 47 juta 8 Ratus Ribu Rupiah.

” Dua orang pelakunya ditangkap diperbatasan Majene – Mamuju di Desa Maliaya Kecamatan Malunda Kabupaten Majene. Keduanya mengendarai motor mengara ke Mamuju. ” kata Kasat Reskrim Polres Majene. AKP Jamal.

Jamal menyebutkan, Kedua tersangka salahsatunya adalah masih pelajar dan diketahui berinisial SU alamat Desa Riso Kecamatan Tapango Kabupaten Polman dan teman laki – lakinya inisial FA Alamat Patampanua Kecmatan Matakali Kabupaten Polman dan pekerjaan Wiraswasta.

Dalam hasil pengembangan Polisi, pada hari Rabu tanggal 6 Mei 2020, sekitar jam 16.00 Wita. Satreskrim Majene bersama Kapolsek Malunda, bersama melakukan pengembangan kasus Upal ke wilayah Polman dengan menyasar perumahan Villa Tamara Kelurahan Manding Polman yang diketahui rumah milik pelaku. Dalam penggeledahan rumah tersebut, Polisi mengamankan barang- barang yang diduga digunakan mencetak Upal. Diantaranya :

  1. 1 (Satu) buah mesin printer merk epson.
  2. Satu buah mistar besi
  3. Satu buah Pisau cartter
  4. Satu buah Gunting.
  5. Sisa kertas HPS
  6. Sisa potongan kertas uang palsu.

” Menurut keterangan pelaku, barang – barang tersebut yang dipergunakan mencetak uang palsu. Dan barang bukti ini kami langsung amankan di Polres Majene, sebagai barang bukti guna proses selanjutnya.” jelas mantan Kasat Polres Mamuju itu.

Seperti yang dirilis pojokcelebes.com sebelumnnya. Bahwa kronologisnya terjadi pada hari Selasa 5 Mei 2020 sekitar pukul 13.30 wita. di Pos Sekat Covid- 19 di perbatasan Maliaya Malunda Majene. Personel Polsek Malunda mengamankan Dua orang pengendara sepeda motor yang kedapatan membawa uang yang diduga palsu ( Upal ). Penangkapan ini berawal dari informasi masyarakat bahwa ada Dua orang mengendarai sepeda motor yang membawa Upal yang sempat akan digunakan untuk transaksi di bengkel motor di Tubo Sendana.

Dari informasi tersebut personel Polsek Malunda, bersama Bhabinsa Malunda, Satpol PP dan Dishub di Pos Sekat Covid-19 Perbatasan Maliaya – Tapalang, melakukan pemeriksaan terhadap sepeda motor yang melintas salahsatunya yang dikendarai milik pelaku jenis Suzuki Spin warna biru hitam dengan nomor Polisi DD 4407 PJ.

Pada saat dilakukan pemeriksaan barang – barang bawaannya, ditemukan uang yang diduga Palsu dengan Perincian :

  1. Pecahan Rp. 100.000 :
    Rp. 44.200.000 ( Empat Puluh Empat Juta Dua Ratus Ribu Rupiah).
  2. Pecahan Rp. 50.000 :
    Rp. 3.600.000 (Tiga Juta Enam Ratus Ribu Rupiah).

Total Rp. 47.800.000 (Empat Puluh Tujuh Juta Delapan Ratus Ribu Rupiah). |Adji

Artikel ini telah dibaca 754 kali

Baca Lainnya