Pariwisata

Jumat, 21 April 2017 - 07:30 WIB

3 tahun yang lalu

logo

Reog Ponorogo Meriahkan Pesta Rakyat Olak Olak

Kubu Raya – Melestarikan Adat Dan Budaya Daerah warga Dusun Melati RW X Desa Olak Olak Kecamatan Kubu Kabupaten Kubu Raya Kalbar, menggelar Pesta Syukuran atau dalam bahasa Jawa bersih Desa ataua Pesta Panen, tepat nya di Patok 30, Jumat (21/4) .

Antusias warga yang menyaksikan pagelaran Borneo Putro hingga ribuan pengunjung memadati tempat di gelarnya acara tersebut, rangkaian acara demi acara, mulai dari sambutan ketua Panitia yang memberikan pujian pada warga masyarakat khususnya Dusun Melati, para donatur yang telah mensuport terlaksananya acara tersebut dan warga Olak Olak Pada Umumnya.

Swlain itu panitia mengharapkan pada seluruh yang hadir maupun penonton agar saling menjaga ketertiban dan keamanan bersama agar acara pesta panen / atau bersih Desa berjalan dengan aman damai dan nyaman pintanya.

Dari pantauan media ini acara tersebut selain dimeriahkan oleh Reog Ponorogo/ Kuda Lumping Borneo Putra Saboyo dari Kec. Rasau Jaya yang cukup meriah dan sangat menghibur seluruh pengunjung, juga tampak hadir Dan Ramil Kubu, Polsek Kubu, Para Kepala Dusun,Ketua RW/RT, Tokoh Agama dan Pemuka Masyarakat Desa Olak Olak Kec. Kubu.

Terpisah Panitia Pelaksana acara tersebut Sunaryo mengatakan kegiatan acara tersebut memang sudah menjadi adat dan budaya Kejawen di Dusun Melati Patok 30 karna acara seperti ini sudah turun temurun atau diadakan terus menerus dari para orang orang tua terdahulu setiap usai panen padi, maka kita sebagai penerus haruslah tetap membudayakanya ucap Sunaryo.

Sedangkan tujuan di gelarnya acara tersebut adalah sebagai ungkapan rasa sukur kepada Allah yang senantiasa melimpahkan Rahmat ,hidayah,kesehatan dan Rizki dari hasil bertani, karna kegiatan ini selain acara hiburan di dahulukan pembacaan Do’a selamat kampung dan Do’a Tolak Bala untuk keselamatan semua warga Dusun Melati paparnya.

(MD)

Artikel ini telah dibaca 289 kali

Baca Lainnya