Ekonomi

Tim Saber Pungli Sulbar Warning Para Kades

MAMUJU,pojokcelebes.com | Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat ( Sulbar ) melalui Inspektorat Provinsi Sulbar menggelar kegiatan Sosialisasi Satuan Berantas Pungutan Liar ( Saber Pungli ) yang berlangsung diaula pertemuan Pemerintah Daerah ( Pemda ) Kabupaten Mamuju Tengah ( Mateng ). Kamis ( 26/)

Sosialisasi ini dibuka langsung Bupati Mateng melalui asisten satu pemerintahan Ramli Salawat dan dihadiri wakil Saber Pungli Sulbar, Suryadi serta dua pemateri yakni Direktorat Kriminal Umum ( Dirkrimum ) Polda Sulbar Kombes Pol. Yavet Duma Parembang serta kepala perwakilan Ombudsman Sulawesi Barat Lukman. Serta sejumlah kepala desa se Kabupaten Mamuju Tengah.

Ditkrimum Polda Sulbar Kombes Pol. Yaved dalam arahannya mengatakan Saber Pungli itu mengatakan berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 87 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar, Tim Saber Pungli merupakan salah satu bagian kebijakan pemerintah dalam melaksanakan reformasi di bidang hukum sebagai bentuk upaya menciptakan pemerintahan yang bersih, jujur, dan adil guna mewujudkan penegakan hukum.

” Pungli ini menghambat pembangunan, sehingga pak presiden kita menekankan agar Pungli tidak bisa dibiarkan direpublik ini, ” Tegas Yaved kepada pojokcelebes.com.

Menurut wakil Saber Pungli Provinsi Sulbar, Suryadi mengatakan sosialisasi ini dilaksanakan agar dapat memberikan kesadaran yang tinggi terhadap para aparat desa di Kabupaten Mamuju Tengah ( Mateng ) dalam mengelola dana desa ( DD ) untuk selalu berlaku jujur dalam bekerja serta berpedoman pada aturan yang berlaku.

“Bagian terpenting sebagai sebagai Kades dalam melaksanakan tugas agar tidak bermain-main dalam hal mengelola dana desa agar tidak terjadi penyimpangan DD,” ingat Suryadi

Dia berharap kepada penyelenggara negara agar semuanya bisa bekerja berdasarkan dengan aturan tanpa ada merugikan keuangan negara. Untuk Saber jika ada oknum Kades yang sengaja melakukan pungutan liar atau melakukan penyimpangan dana desa yang tertangkap basah dengan Saber Pungli dipastikan akan diarahkan kerana hukum.

” Semoga tidak ada Kades yang ketangkap basah dengan tim Saber Pungli. Kita berharap lah agar semua Kades bisa menjalankan tugas dengan baik dan mengelola dana desa baik dan benar, ” Terang yang mengaku belum ada Kades di Sulbar yang kena OTT oleh tim Saber Pungli.

Selanjutnya lemabaga Ketua Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK) Provinsi Barat Andi Taufan yang juga masuk dalam anggota Saber Pungli mengatakan, kegiatan Sosialisasi Saber Pungli ini yang dihadiri seluruh Kades, berharap bisa merubah pola pikir dan budaya Pungli ditingkat desa.

” Kita berharap kepada seluruh instansi yang melakukan pelayanan masyarakat termasuk para Kades supaya menghindari pungutan-pungutan yang melanggar aturan.” Pungkasnya Taufan.|Aji

Please follow and like us:
Tags
Show More
loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker