Nasional

Lokasi Balaroa Dan Petobo Dialih Fungsikan

PALU, pojokcelebes.com | Pemerintah provinsi Sulawesi Tengah akhirnya memutuskan lokasi gempa Balaroa dan Petobo akan dialih fungsikan menjadi wilayah ruang terbuka hijau (RTH).

Selain menjadi kawasan RTH, di dua lokasi tersebut juga akan dibangun tugu memorial park. Keputusan tersebut diambil berdasarkan hasil rapat kordinasi yang dihadiri oleh seluruh jajaran pemerintah kota palu, tokoh agama, tokoh adat serta tokoh masyarakat setempat.

Selain penentuan lokasi Balaroa dan Petobo menjadi kawasan RTH, dari hasil rapat tersebut juga di putuskan pelaksanaan evakuasi korban bencana dan tsunami di palu akan dihentikan setelah selesainya masa tanggap darurat pada Kamis 11 oktober 2018.

Penghentian proses evakuasi dilakukan menyusul adanya pernyataan resmi dari Basarnas pusat dan tim kesehatan, jika setelah masa tanggap darurat selesai kondisi jenazah yang ditemukan kondisinya sudah tidak mendukung khususnya untuk proses identifikasi.

Pasca masa tanggap darurat selesai, selanjutnya pemerintah daerah provinsi Sulawesi Tengah pada tanggal 12 oktober 2018, lokasi Balaroa dan Petobo akan diitimbun menjadi rata untuk penyiapan RTH serta pembangunan tugu memorial park.

Oleh pemerintah provinsi setempat juga berencana akan pembangunan hunian sementara (Huntara) yang diperuntukan bagi ribuan pengungsi korban gempa dan tsunami yang lokasinya masih dalam tahap pencarian.
“Jadi kemarin itu digelar rapat koordinasi dan telah menghasilkan beberapa kesepakatan diantaranya pertama masalah pelaksanaan evakuasi korban dihentikan pada masa tanggap darurat selesai pada Kamis 11 oktober 2018. Yang ke dua lokasi Petobo dan Balaroa akan dijadikan sebagai kawasan terbuka hijau yang selanjutnya akan dibangun tugu memorian park. Dan yang ke tiga, seluruh korban gempa dan tsunami akan dibangunkan hunian sementara yang lokasinya masih akan dicari,”tutur Kabag Humas Dan Protokol Privinsi Sulteng Haris Kariming kepada pojokcelebes belum lama ini. | Pde/Dave

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close