Advertorial

Resmi Lantik Pasangan Samsurizal – Badrun, Ini Pesan Gubernur Longki Djanggola

PALU, pojokcelebes.com | Jika biasanya pelantikan Kepala Daerah diwarnai kemeriahan dan hingar bingar hiburan, tapi itu tidak terlihat pada Pelantikan H Samsurizal Tombolotutu – H Badrun Nggai SE (SABAR).

Meski diselimuti kesedihan, Gubernur Sulawesi Tengah Drs H Longki Djanggola MSi resmi melantik H Samsurizal Tombolotutu – H Badrun Nggai SE sebagai Bupati dan Wakil Bupati Parigi Moutong periode 2018- 2023 di teras belakang halaman Kantor Gubenur Sulawesi Tengah, Rabu (10/10).

Proses pelantikan diawali dengan pembacaan surat keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia nomor 131.72-7782/2018 tentang penetapan Bupati dan Wakil Bupati Parigi Moutong periode 2018 – 2023.

Kemudian dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan oleh rohaniwan dan dipandu langsung oleh Gubenur Longki Djanggola. Setelah itu dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pelantikan serta penyematan tanda pangkat dan jabatan.

Diawal sambutannya, Gubernur Longki sempat terisak dengan mata berkaca kaca menahan air mata mengingat musibah yang sedang dihadapi masyarakat Sulawesi Tengah saat ini.

Mantan Bupati Parigi Moutong itu memohon maaf kepada masyarakat Kabupaten Parigi Moutong karena pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Parigi Moutong hanya dilakukan ditempat yang sangat sederhana, mengingat katanya hampir seluruh gedung pertemuan termasuk hotel yang biasa digunakan sebagai tempat pelantikan di Kota Palu mengalami kerusakan akibat gempa.

“Saya mohon maaf kepada masyarakat Kabupaten Parigi Moutong kalau pelantikan ini terpaksa saya lakukan di teras lapangan upacara. Ini karena perintah Undang Undang yang hari ini saya harus melantik. Mengingat masa jabatan Samsurizal – Badrun telah berakhir 9 Oktober kemarin. Selain itu kita tahu bersama Sulawesi Tengah Palu Sigi dan Donggala baru saja mengalami musibah gempa tsunami likuifaksi termasuk Kabupaten Parigi Moutong ikut merasakan dampaknya,”kata Gubernur

Walau masih dalam suasana duka akibat gempa tsunami dan likuifaksi, Longki tak lupa menyampaikan selamat kepada Samsurizal Badrun yang telah resmi dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Parigi Moutong.

“Walau kita masih dirundung rasa duka yang hebat akibat bencana alam gempa bumi yang disertai tsunami dan likuifaksi, tapi izinkan saya pada kesempatan ini atas nama pribadi dan jajaran Pemerintah Sulawesi Tengah menyampaikan selamat kepada H Samsurizal Tombolotutu dan H Badrun Nggai yang resmi dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Parigi Moutong,”ujar Longki sambil terisak

Meski begitu kata Longki, pelantikan ini ibarat oase yang menyejukkan, melegahkan dan menentramkan yang gilirannya bisa memberi efek piskologis dan garansi keyakinan bagi masyarakat dalam rangka pemulihan Kabupaten Parigi Moutong yang juga menjadi daerah terdampak akibat gempa.

“Masyarakat sudah menunggu action nyata saudara berdua untuk menstabilkan pisikologi warga dan kembali bangkit untuk membangun Kabupaten Parigi Moutong yang juga terpapar dampak dari bencana alam,”ujarnya

Pada kesempatan itu, Gubernur Longki meminta kepada Bupati dan Waki Bupati Parigi Moutong untuk menjalankan amanah rakyat tersebut dengan sebaik baiknya, memiliki komitmen yang kuat mengutamakan kepentingan negara dan masyarakat diatas kepentingan pribadi dan golongan.

“Saya minta juga saudara berdua bersama sama masyarakat membantu pemulihan Sulawesi Tengah agar segera bangkit dan kembali maju dan berdaya saing. Sulawesi Tengah harus bangkit,”tutup Longki | Mar

Please follow and like us:
Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close