Hukrim

121 Orang Pelaku Penjarahan di Palu, Berhasil Dijebloskan Dijeruji Besi

PALU,pojokcelebes.com | Satuan Reskrim Polres Palu Provinsi Sulawesi Tengah ( Sulteng ). Kembali mengamankan 20 orang pelaku penjarahan barang yang dilakukan pasca bencana alam di sejumlah titik kota Palu, Donggala dan Sigi. Hingga memasuki hari ke 13 pasca gempa, polisi sudah berhasil mengamankan 121 orang pelaku penjarahan.

Kabid Humas Polda Sulbar, Polda Sulteng AKBP Hery Murwono, dihadapan Sejumlah wartawan mengatakan, puluhan pelaku penjarahan barang milik warga itu, menfaatkan kesempatan saat pemilik barang tidak berada ditempat. Dia menyebutkan, dari penangkapan tanggal 8 Oktober 2018 terhadap Lima orang pelaku . Dari Lima pelaku itu berinisial S, A, SN, Y dan R merupakan pencurian mesin ATM di lokasi SPBU jalan Cumi- Cumi Palu tanggal 29 Sepetember 2018. Ditangan Lima Pelaku itu ditemukan barang bukti uang tunai sejumlah 5 juta rupiah, 1 unit mesin ATM yang sudah rusak, linggis dan betel.

” Kelima pelaku ini diketahui semuanya warga Palu dan diduga semuanya specialis pembobol mesin ATM,” kata Hery.

Selain dijalan Cumi Cumi kota Palu, Polisi juga mengamankan 15 orang pelaku penjarahan barang yang terjadi tanggal 30 Sepetember 2018, yang terjadi dijalan Soekarno Hatta Palu. Dan barang bukti yang berhasil disita oleh Polisi diantaranya, atap seng, tegel keramik, triplek, bebebrapa karung cengkeh dan coklat serta satu unit mobil pick up.

” 15 orang yang ditangkap merupakan pengembangan penangkapan pelaku penjarahan di komplek pergudangan yang beberpa waktu lalu sudah di reales oleh Kepolisian. ” Ujarnya.

Menurut dia, terhadap seluruh pelaku diancam pasal 363 KUHP tentang tindak pidana pencurian dengan pemberatan dengan ancaman minimal 7 tahun penjara. Untuk hal memberatkan, pelaku melakukan penjarahan atau pencurian saat terjadi bencana.

” Sampai hari ke 13 pasca bencana, polisi berhasil mengangamankan 121 orang tersangka kasus penjarahan barang. Dan pelaku ini di ancaman pasal 363 KUHP dengan ancaman 7 tahun penjara, ” tegas Hery./Pde

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close