Hukrim

Posting Gambar Caleg di Akun Facebook, Kades Saptana Jaya di Vonis 1 Bulan

PASANGKAYU,pojokcelebes.com | Terdakwa Asri sebagai Kades Saptana Jaya Kecamatan Doripoku Kabupaten Pasangkayu Provinsi Sulawesi Barat ( Sulbar ). Akhirnya divonis bersalah oleh majelis hakim Pengadilan Negeri ( PN ) Pasangkayu selama 1 bulan denda 3 juta rupiah.

Sidang perkara tindak pidana Pemilu yang diketuai oleh ketua Majelis Muh Ali Akbar, SH, dalam agenda pembaca putusan dihadiri Sejumlah pihak termasuk tim penegak hukum terpadu ( Gakkumdu ) Kabupaten Pasangkayu. Dalam persidangan, belum lama ini. Vonis bersalah yang diberikan terdakwa yang hanya 1 bulan denda 3 juta dan putusan itu lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum ( JPU ) dimana tuntutan 4 bulan kurungan penjara.

Dikonfirmasi kepada JPU, Junaedi SH mengatakan, setelah terdakwa divonis 1 bulan kurungan badan dan denda 3 juta rupiah. Kata dia, pihaknya akan melakukan upaya hukum ( Banding ) dengan alasan putusan lebih ringan dari tuntutan Jaksa yang menuntut 4 bulan kurungan badan.

” iya kami banding pak, setelah mendengar putusan majelis hakim terhadap terdakwa yang terbukti bersalah melakukan pelanggaran Pemilu,” kata Junaedi.

Masih Junaedi, terdakwa diketahui terbukti bersalah dengan memposting gambar salahseorang Caleg di Medsos. Dan terdakwa melanggar pasal 490 junto 282 UU nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum.

Sementara salahseorang koordinator Gakkumdu Kabupaten Pasangkayu Ardi Trisandi mengatakan, putusan Satu bulan yang diterima oleh terdakwa sangat ringan atas tuntutan JPU yang menuntut Empat bulan tahanan. Untuk itu kata dia, pihak Gakkumdu akan melakukan upaya hukum, dengan alasan menjadi pembelajaran bagi semua pihak untuk tidak terlibat politik praktis.

” iya kita tetap bijak memanfaatkan Medsos, apalagi sekarang ini masuk dalam tahun Politik. Melihat perkara tindak pelanggaran Pemilu, harus menjadi pembelajaran bagi kita semua agar bijak berdemokrasi, ” pungkasnya.

|Qomar

Please follow and like us:
Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close