Advertorial

Sekda : RPJMD Merupakan Instrumen Keberhasilan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah

PARIMO, pojokcelebes.com | Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Parigi Moutong menggelar Rapat Koordinasi Penyusunan Rencana Awal Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Parigi Moutong Tahun 2018 – 2023, bertempat di Aula Bappelitbangda Parimo, Senin (3/12/18).

Bupati Parigi Moutong diwakili Sekretaris Daerah Ardi Kadur SPd MM mengatakan, RPJMD merupakan instrumen keberhasilan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Ia juga mengungkapkan, koordinasi penyusunan RPJMD sangat penting dilakukan karena seluruh pihak dapat melakukan penyelarasan dan klarifikasi terhadap masyarakat tentang program pembangunan daerah sesuai dengan undang undang yang berlaku agar tercapai tujuan yang diinginkan yaitu meningkatkan kesejahteraan rakyat Parigi Moutong.

“Dalam membahas RPJMD tahun 2018-2023, saya mengharapkan kepada semua pihak untuk mensinergikan pencapaian target dan program pembangunan dengan pembangunan provinsi Sulawesi Tengah, guna memastikan dukungan Parigi Moutong dalam mendukung pencapaian target pembangunan Nasional,” urainya.

Menurutnya, penyelarasan RPJMD Parigi Moutong 2018-2023 dengan RPJMD Provinsi Sulawesi Tengah 2016-2021 dan RPJMN 2014-2019, dimana salah satunya adalah menjamin sinergitas sasaran pokok pembangunan yang tertuang dalam RPJMD, kedudukan, peran serta fungsi dari RPJMD salah satu diantaranya yaitu masyarakat berperan aktif dalam kegiatan pembangunan daerah sehingga hasilnya bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perancangan RPJMD, salah satunya berpedoman pada RPJMN yang dilakukan melalui penyalarasan visi misi, tujuan dan sasaran strategi serta program pembangunan kebijakan daerah sesuai dengan kondisi dan karakteristik daerah” jelasnya.

Dia menambahkan, RPJMD Kabupaten Parigi Moutong tahun 2018-2023 selayaknya dapat mengakomodir seluruh aspirasi masyarakat berdasarkan issu dan permasalahan dihadapi. Oleh karena itu, selain analisis pendekatan teknografi dalam peoses penyusunannya perlu menerima masukan pokok pokok pemikiran DPRD Parigi Moutong yang disusun melalui Proses komunikasi aktif antar pemangku kepentingan agar hasilnya lebih selaras dan tepat sasaran,” ujarnya.

Sekda mengharapkan agar melakukan pembinaan terus menerus terhadap pengelolaan keuangan daerah yang akuntabel dan transparansi yang dapat menumbuhkan kepercayaan terhadap pemerintah atas penggunaan anggaran.

“Saya minta kita semua agar selalu menjaga teladan dalam penyelenggaraan daerah, saat ini masyarakat sungguh sungguh menilai kejujuran dan ahklak kita serta etos kerja dalam melayani publik. Mari kita tampilkan semangat gotong royong, bahu membahu serta menghindari diskriminasi dalam pelayanan masyarakat,” pintanya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, para kepala OPD dan Tim Ahli dari Universitas Tadulako (Untad) Palu serta seluruh peserta lainnya.

| hms

Please follow and like us:
Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close