Advertorial

e – LHKPN Jadi Instrumen, Harta Kekayaan Pejabat Daerah Harus Tercatat

PARIMO, pojokcelebes.com | Aplikasi e- LHKPN merupakan instrument penting dalam penyelenggaraan Negara. Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Parigi Moutong Tasrip saat mewakili Bupati Parigi Moutong pada kegiatan Workshop Modul e- Registration dan e-Filling aplikasi LHKPN tahun 2018, bertempat di aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Parigi Moutong, Kamis (6/12/18).

Kata Tasrip, e-LHKPN adalah Sistem Laporan Harta Kekayaan secara elektronik yang dilakukan oleh penyelenggara negara kepada Komisi Pemberantasn Korupsi (KPK), dengan tujuan agar laporan kekayaan jadi lebih mudah dan murah.

Tasrip memaparkan, aplikasi e- LHKPN, juga mendorong pastisipasi masyarakat Parigi Moutong untuk memberikan masukan atas laporan harta kekayaan penyelenggara negara yang sudah dilaporkan dan juga untuk mengangkat dan mempromosikan penyelenggaraan Negara berdasarkan kepatuhan LHKPN.

“e- LHKPN juga sangat bermanfaat, sebagai instrumen pengelolaan SDM seperti mengangkat atau mempromosikan penyelenggara negara berdasarkan kepatuhan LHKPN nya. juga sebagai instrumen untuk mengawasi kekayaan penyelenggara negara, sebagai instrumen akuntabilitas bagi penyelenggara negara dalam mempertanggung jawabkan kekayaan hartanya,” ungkap Tasrip.

Dalam modul e-LHKPN, ada e-Registration dan e-Filing. e- Registration digunakan oleh unit pengelola LHKPN pada instansi pemerintah untuk mendaftarkan nama penyelenggara negara, serta digunakan KPK untuk monitoring penyelenggara negara yang sudah terdaftar.

Tasrip menambahkan, dirinya sudah menyampaikan kepada KPK agar anggota KPK sebagian bisa bergabung dalam grup WhatsApp (WA) LHKPN Parigi Moutong, guna menjembatani koordinasi lintas sektor.

“Saya sudah meminta beberapa teman di KPK untuk bergabung dengan kita dan masuk di grup kita untuk sharing ilmunya, tapi sampai sekarang belum ada konfirmasi mungkin mereka masih sibuk, ya kita tunggu saja nanti,” imbuh Tasrip.

Selanjutnya Tasrip menambahkan, e-Registration bisa digunakan oleh unit pengelola LHKPN untuk mengetahui tingkat kepatuhan terhadap LHKPN.

“Jadi dari e-Registration ini bisa diketahui mana penyelenggara negara yang patuh dan mana yang kurang patuh. Disamping itu ada namanya e- Filing, digunakan oleh penyelenggara negara untuk melaporkan harta kekayaan secara online, di e- Filing ini para penyelenggara negara juga bisa melihat status dan riwayat laporan hartanya,” jelasnya.

Tasrip berharap, aplikasi e- LHKPN bisa mempermudah para penyelenggara negara, dan aplikasi tersebut bisa dimanfaatkan sebaik baiknya.

| RISLAN / MARDIN

Please follow and like us:
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close