Advertorial

Inspektorat Warning Kades, Hati-Hati Kelola Dana Bantuan

MAMUJU,pojokcelebes.com | Kepala Desa (Kades) harus lebih berhati-hati dalam melaksanakan berbagai program dengan menggunakan Dana Desa ( DD ). Hal tersebut ditegaskan Inspektur Inspektorat Kabupaten Mamuju Tengah, Drs. H. Adnas, M.Si, saat ditemui diruangannya. Jumat (7/12)

Menurut Adnas, hal tersebut berdasarkan banyaknya pengaduan dari berbagai pihak terkait adanya dugaan penyelewengan DD. Seperti yang terjadi baru – baru ini, adanya demo sekelompok orang terhadap Kades Lara yang diduga ada penyimpangan anggaran desa. Meskipun hanya sebatas isu, namun pihak Inspektorat tetap akan menjadi catatan buat pelaporan ke bupati atau wakil bupati.

“Kami berharap para Kepala Desa lebih hati-hati dalam mengelola DD. Jika Lau tidak mau bersentuhan langsung dengan hukum, ” harapnya.

Sementara itu, terkait tujuan pemeriksaan desa, Inspektorat akan menitikberatkan pemeriksaan pada pengendalian internal Pemdes, dengan sasaran pemeriksaan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) memantau kemungkinan ada tidaknya terjadinya penyimpangan. Apalagi baru – baru ini, semua Kades sudah terperiksa oleh BPK Perwakilan Provinsi Sulawesi Barat.

Apalagi kata Adnas, bahwa pemda Kabupaten Mamuju Tengah telah bangun kerjasama dengan aparat penegak hukum ( APH ) yakni Polres dan Kejaksaan tentang penanganan pengaduan yang berkaitan dengan anggaran.

” Saya kira penegak hukum harus koordinasi dulu dengan kami, jika ada adzan terkait penyimpangan anggaran. Ka,ini APIP atau inspektorat menunggu rekomendasi dari pimpinan kami untuk melakukan investigasi atau audit. Jika hal itu memungkinkan dan jelas pelanggarananya APIP lah yang merekomendasikan jika ingin dibawa ke rana hukum,” jelas Adnas.

|Adjie

Please follow and like us:
Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close