Advertorial

Data Dinkes Mamuju, Angka DBD Sudah Capai 103 Kasus

MAMUJU,pojokcelebes.com | Jumlah angka kasus demam berdarah ( DBD ) di Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat ( Sulbar ), berjumlah 103 kasus. Jumlah itu baru terhitung dari Januari hingga Maret 2019.

Hak itu disampaikan oleh Kepala Bidang pencegahan dan pengendalian penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Mamuju Alamsyah. Jumat sore (12/4).

Kata Alamsyah Tamrin, jumlah itu belum dipastikan akan bertambah atau tidak. Karena kasus DBD tidak bisa diprediksi. Kata dia, terjadinya DBD itu selain faktor musim penghujan, juga ditengarai akibat kurangnya kesadaran masyarakat tentang prilaku hidup bersih ( PHBS ). Meskipun Kata dia, jumlah kasus tahun 2018 ditemukan 176 kasus DBD, namun tahun 2019 belum bisa dipastikan apakah kasus ini akan bertambah atau berkurang.

” Kasus DBD kita tidak boleh prediksi, karena kalau musim penghujan biasanya ada ditemukan kasus ini. Dan adanya kasus DBD ini juga dari kesadaran masyarakat itu sendiri yang kurang menerapkan PHBS di lingkungannya,” terang Alamsyah kepada pojokcelebes.com.

Masih dia, untuk mencegah kasus DBD di wilayah Kabupaten Mamuju khususnya kota Mamuju, Kecamatan Tapalang dan Simboro. Pihak Dinkes hingga ketingkat Puskesmas di setiap kecamatan. Telah dilakukan sosialisasi tentang PHBS serta cara pencegahan demam berdarah seperti pembagian obat Abate dan pogging. Apalagi pemerintah Kabupaten Mamuju telah memberikan perhatian penuh dengan melakukan menyiapkan mesin poging dan mesin ULP.

” Kami telah melakukan sosialisasi dan kerja sama dengan teman – teman pihak Puskesmas setiap kecamatan. Dan kami telah melakukan poging dan pembagian obat Abate setiap titik yang dinilai ada bersarang jentik nyamuk penyebab demam berdarah.

|Adji

Please follow and like us:
Show More
loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker