Ekonomi

Jelang Idul Fitri KPw Bank Indonesi Sulbar Siapkan Kebutuhan Uang 950 Miliar

Pihak BI Sudah Mulai Membuka Penukaran Uang

MAMUJU,pojokcelebes.com | Jelang hari Raya Idul Fitri tahun ini, kebutuhan dan penukaran uang dipastikan akan meningkat. Untuk itu, tahun ini kantor perwakilan ( KPw) Bank Indonesia ( BI ) Provinsi Sulawesi Barat ( Sulbar ) menyedikan kebutuhan uang sebesar 950 Miliar.Jumlah ini, kebutuhan uang lebih besar dari tahun sebelumnnya yang hanya berumlah 900 Miliar.

Kepala kantor perwakilan BI Provinsi Sulawesi Barat, Dadal Ankoro dalam pres confrence di aula pertemuan BI. Senin ( 13/5 ) menyebutkan, ada Lima strategi layanan dan Lima himbauan BI Sulawesi Barat dalam melayani penyedian uang tunai pada Ramadan dan Idul Fitri 2019. Kata dia, pihak BI siap melayani kebutuhan masyarakat akan uang tunai pada periode ramadan dan Idul Fitri 2019.

Kata Dadal, selama periode tersebut KPW BI sulbar menyiapkan layanan kas baik melalui kantor BI, kas keliling di beberapa pusat keramaian maupun jaringan perbankan. Diperkirakan kebutuhan uang tunai periode Ramadan dan Idul Fitri 2019. Berdasarkan data historis dari tahun ke tahun, pada periode ramadan dan idul fitri selalu terjadi lonjakan permintaan akan kebutuhan uang tunai, kondisi tersebut turut terjadi di Provinsi Sulawesi Barat.

” Lonjakan permintaan uang tunai pada ramadan umumnya terjadi karena tingginya permintaan masyarakar akan kebutuhan sehari-hari dalam merayakan Ramadan dan Idul Fitri. Selain itu, tradisi memberikan uang kepada sanak keluarga turut mendorong peningkatan penukaran uang baru di perbankan.” kata Dadal dihadapan sejumlah wartawan.

Masih Dadal, merujuk pada kondisi yang selalu terjadi setiap tahunnya, BI bersama dengan perbankan di Sulbar melakukan estimasi kebutuhan uang tunai. Dia menyebutkan, berdasarkan estimasi yang dilakukan BI berkordinasi dengan perbankan, sehingga kata dia, kebutuhan uang tunai masyarakat Sulbar pada periode Ramadan dan Idul Fitri 2019 diperkirakan mencapai 950 Miliar. Perkiraan tersebut melonjak dibandingkan realisasi kebutuhan uang tunai pada periode Ramadan tahun sebelum yang hanya mencapai 909 Miliar, maupun rata-rata bulanan diluar periode HBKN 273 Miliar.

Menurut Dadal, estimasi kebutuhan uang tunai yang diperkirakan meningkat dibandingkan Ramadan tahun sebelumnya dipengaruhi oleh beberapa hal sebagai berikut diantaranya, antisipasi kenaikan tunjangan hari raya (THR) bagi aparat sipil negara dan pensiunan. Selanjutnya, beroperasinya pusat perbelanjaan di kota Mamuju ( Mall Matos ), hal ini diperkirakan menjadi opsi peningkatan kebutuhan uang rupiah untuk dibelanjakan oleh masyarakat.

Olehnya itu kata Dadal, strategi KPW BI Sulbar dalam memenuhi kebutuhan uang tunai periode Ramadan / Idul Fitri 2019, sebagai upaya optimalisasi pelayanan kepada masyarakat terkait pemenuhan kebutuhan uang tunai. BI Provinsi Sulbar mempersiapkan lima strategi pelayanan.

Pertama, BI Provinsi Sulbar mempersiapkan persediaan uang tunai tersebut naik 15 persen dibandingkan persediaan tahun 2018 sebesar 1,3 Triliun.

Kedua, BI Provinsi Sulbar akan mengoptimalkan distribusi uang melalui layanan kas titipan di Polewali Mandar dan kas titipan di Pasangkayu. Dengan strategi tersebut, diharapkan kebutuhan masyarkat di wilayah Pasangkayu dan Polman dapat terpenuhi melalui titipan.

Ketiga, BI Provinsi Sulbar bekerjasama dengan 12 Bank di Sulbar menyediakan layanan penukaran uang tunai. Layanan tersebut dapa dinikmati oleh masyarakat dengan datang ke 44 titik kantor perbankan yang tersebar di wilayah Sulbar. Dengan layanan ini, diharapkan penyediaan uang dapat menjangkau masyarakat di tingkat kecamatan dan desa.

Keempat, BI Provinsi Sulbar jemput bola dengan menyediakan layanan kas keliling di pusat-pusat keramaian.

” Lokasi yang akan menjadi prioritas layanan kas keliling adalah di depan Mall Maleo Town Square, pasar lama Mamuju, pasar baru Mamuju, pasar Botteng Mamuju dan pasar Tasiu Mamuju.” sebut Dadal

Dan Kelima, BI menyediakan layanan penukaran uang di kantor BI dengan konsep drive thru. Masyarakat dapa melakukan penukaran uang di halaman kantor bank indonesia tanpa harus turun dari kendaraannya.layanan ini akan dimulai pada hari rabu, 15 mei 2019 setiap hari kerja hinggal tanggal 29 Mei 2019. |Adji

Please follow and like us:
Show More
loading...

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker