Hukrim

Senin, 3 Juni 2019 - 13:10 WIB

3 bulan yang lalu

logo

MUDIK - Para penumpang kapal ferry dari Balikpapan, baru saja memuntahkan ribuan penumpang pemudik.

MUDIK - Para penumpang kapal ferry dari Balikpapan, baru saja memuntahkan ribuan penumpang pemudik.

Abaikan Keselamatan Penumpang, Kapal Ferry Rute Balikpapan- Mamuju Menuai Sorotan

MAMUJU,pojokcelebes.com | Lonjakan penumpang lebaran Idul Fitri pada kapal penyeberangan Balikpapan Mamuju ( Ferry ) terus bertambah hingga H-2 lebaran. Seperti pagi tadi. Senin (3/6). Penumpang yang turun di pelabuhan Ferry sekitar ribuan. Sontak menuai sorotan. Pasalnya, jumlah penumpang yang turun sudah melebihi dari standar manifest penumpang kapal.

Dalam keterangan Kapores Metro Mamuju, AKBP. Mohammad Rivai Arvan kepada sejumlah media mengatakan, pihaknya selama tiga hari selalu memantau arus mudik dipintu masuk pelabuhan Ferry Simboro. Mulai H-5 sampai H -3 lonjakan penumpang dari Balikpapan bertambah. Dan kapal ferry yang hanya ber kapasitas 270 sampai 280 penumpang. Kata dia, saat ini tidak bisa dipungkiri bahwa penumpang yang berangkat dari pelabuhan Balikpapan diperkirakan mencapai seribu lebih.

” Saya tidak bisa mengatakan apakah over kapasitas atau tidak. Coba teman-Teman lihat sendiri saja seperti apa banyaknya. Padahal kapal Ferry ini jumlah manifestnya sekitar 2 ratusan lebih,” kata Arvan kepada waratawan.

BACA JUGA : https://pojokcelebes.com/2019/06/03/perketat-pemeriksaan-pintu-keluar-pelabuhan-ferry-polisi-amankan-tiga-unit-mobil/

Terkait adanya dugaaan over kapasitas. Pihak Polisi terus mencatat berapa jumlah penumpang yang turun. Dan akan dicocokkan dengan berapa jumlah manifest yang dimiliki pihak kapal dan otoritas pelabuhan.

” Makanya kami harus tau ini berapa jumlah manifest sebenarnya kapal ini. Dan memang jika lebih dari manifest yang ditentukan, kami akan koordinasi dengan pihak Sahabandar,”ujarnya.

Pantauan pojokcebes.com. Bahwa selain penumpang yang dimuat kapal ferry itu. Juga sejumlah kendaraan baik roda dua maupun roda empat milik pemudik. Tercatat untuk roda dua berjumlah 50 unit. roda empat mini bus 11 unit. mobil pick up 5 unit dan truk 1 unit.

|Adji

Artikel ini telah dibaca 27 kali

Baca Lainnya