Nasional

Selasa, 11 Juni 2019 - 20:11 WIB

3 bulan yang lalu

logo

Pemkab Parimo Berharap Masyarakat Proaktif Daftar Peserta UHC

PARIMO, pojokcelebes.com | Pemerintah daerah memberikan himbauan kepada masyarakat yang belum terdaftar dalam program UHC ( universal healt coverage ) sebagai jaminan kesehatan bagi warga yang kurang mampu, agar berinisiatif melaporkan dirinya kepada pemerintah desa untuk kepentingan pendataannya.

Demikian penyampaian Wakil bupati H.Badrun Nggai di sela-sela kunjungan safari ramadhan di beberapa Puskesmas dan masjid yang dikunjunginya diantaranya di Desa Ongka, Desa Sumber Agung, dan Desa Tomini belum lama ini.

Menurut Wabup, kuota untuk mendapatkan kartu kesehatan UHC ditahun 2019 sejumlah 122.623 ribu lebih jiwa itu tidak menutup kemungkinan masih ada yang belum tercover. Bahkan pemerintah daerah tengah berupaya menambah jumlah kuota peserta UHC.

“Kartu kesehatan UHC yang sudah diprogramkan oleh pemerintah daerah provinsi maupun kabupaten agar secepatnya dapat tersalurkan, pemerintah juga mengupayakan kembali untuk menambahkan kuota dari kartu UHC untuk bisa dapat dimiliki masyarakat yang layak menerima secara menyeluruh,” jelasnya.

Wakil Bupati katakan, kepala desa seharusnya proaktiv mendata masyarakat didesanya yang layak menerima program UHC. Selain pemerintah desa Wabup juga meminta dukungan pemerintah kecamatan dan puskesmas.

“Harus saling bekerja sama mendata kembali masyarakatnya baik itu masyarakat yang sudah berdomisili, pindah alamat, dan yang sudah meninggal dunia.”urai wabup.

Wabup menekankan kepada seluruh tenaga kesehatan yang ada di Puskesmas dan Desa untuk tetap membantu pemerintah daerah dalam upaya menekan angka kematian ibu dan bayi.

Kata Badrun dari data yang diperoleh angka kematian ibu dan bayi tercatat ditahun 2018 mengalami penurunan dari tahun sebelumnya ditahun 2017.

“ Kita semua berharap ditahun ini tidak akan ada lagi terjadi kematian pada ibu yang melahirkan, sesuai dengan program pemerintah lima tahun kedepan untuk menjadikan Parigi Moutong yang sehat, cerdas dan khatulistiwa,” pintanya.

| Pde

Artikel ini telah dibaca 30 kali

Baca Lainnya