Nasional

Kamis, 27 Juni 2019 - 14:09 WIB

4 bulan yang lalu

logo

Menyita Penonton, 127 Sayyang Pattu’duq Ramaikan Penamatan Massal di Kecamatan Sendana.

MAJENE,pojokcelebes.com | Fenomena acara massal di Provinsi Sulawesi Barat ( Sulbar ), baik acara khatam Alqur’an dan penamatan untuk pendidikan formal dan non formal. Sepertinya, tidak lengkap rasanya jika tidak ada penampilan kuda penari atau bahasa daerah Mandar ” sayyang pattu’du ” .

Seperti pada acara penamatan massal sekolah di Kecamatan Sendana Kabupaten Majene. Hari ini, Kamis (27/6), sayang pattudu dengan ditunggangi anak remaja yang baru tamat sekolah dengan menggunakan beragam pakain adat setempat, menjadi perhatian warga sepanjang jalan saat beriringan mengitari jalan kota Kecamatan Sendana.

Awalnya 123 Sayang Pattu’duq dikabarkan akan meramaikan penanaman massal di Kecamatan Sendana, hari ini Kabupaten Majene.

Namun yang terjadi, pada acara tersebut, Sayyang Paftu’du mala bertambah menjadi 127 kuda. Tambahan tersebut dari siswa yang diikutkan dalam penamatan, serta Camat Sendana, Albar Mustar, Kapolsek Sendana, AKP Achmad Syarif Tola, serta UPTD Dinas Pendidikan Kecamatan Sendana, Arman. juga ikut menunggangi sayyang pattu’duq.

“Ya awalnya memang 123 kuda, namun masih ada tambahan dalam penamatan, serta pak Camat, pak Kapolsek serta pak UPTD juga ikut menunggangi kuda” jelas Ketua Panitia perkemahan pramuka dan penamatan, Narju, S.Pd., Kamis, (27/06/2019)

Adapun perkemahan pramuka dan penamatan ini, berlangsung di lapangan Buraq Sendana, Somba.

Perkemahan pramuka kali ini menyusun tema “Dengan semangat pramuka mari kita raih cita-cita dan sambut masa depan gemilang”

Dengan diikuti 25 sekolah SD dan MI se-Kecamatan Sendana, dan masing-masing sekolah, yang tamat. Dari ranking 1 hingga ranking 8.

Seperti penamatan yang selam ini dilakukan, tidak lengkap rasanya jika tidak berkeliling atau di arak mengelilingi jalan yang sudah ditentukan, dengan diramaikan gemuruh suara rebana dan Kalinda’daq (Pantun Mandar) serta teriakan semangat para penonton.

|Taslan

Artikel ini telah dibaca 1244 kali

Baca Lainnya