Nasional

Senin, 1 Juli 2019 - 21:46 WIB

4 bulan yang lalu

logo

62 Klasis Meriahkan Pekan Raya IV PPrGTM

MAMASA,pojokcelebes.com | Semarak pembukaan pekan raya IV Persekutuan Perempuan Perempuan Gereja Toraja Mamasa ( PPrGTM ), berlangsung sangat meriah. Acara pembukaan PPrGTM yang dilaksanakan di lapangan Kondo Sapata Kelurahan Mamasa Kecmatan Mamasa Kabupaten Mamasa, dibuka langsung Bupati Mamasa, Ramlan Badawi.

Dalam sambutan Ramlan Badawi, menyebutkan sangat mengapresiasi adanya acara keagamaan ini. Dan menyambut baik para tamu khususnya warga Gereja Toraja Mamasa dalam mengikuiti kegiatan keagamaan PPrGTM tahun 2019.

” Setelah saya terpilih menjadi Bupati Kabupaten Mamasa, untuk periode kedua. Ini baru pertama kalinya saya berjumpa warga Gereja Toraja Mamasa dalam jumlah yang sangat besar. Karena itu, saya sangat bersuka cita pada kesempatan ini boleh berjumpa dengan Ibu-ibupertama kalinya saya berjumpa dengan Ibu-ibu yang cantik dalam jumlah yangsangat besar.” puji Ramlan terhadap semua peserta yang hadir.

Dia juga mengatakan, adanya kegiatan keagamaan ini Pemerintah Kabupaten Mamasa sangat mendukungnya. Karena kata dia, tentunya akan berdampak pada setiap prilaku manusia untuk menjadi lebih baik lagi.

” kami dari pihak pemerintah semakin senang dengan alasan bahwa melalui kegiatan-kegiatan keagamaan, pengetahuan keagamaan makin tumbuh, iman perilaku umat makin
baik. Saya percaya, makin banyak kegiatan keagamaan dilaksanakan di Kabupaten Mamasa, maka Kabupaten Mamasa akan semakin banyak menerima berkat dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Karena setiap kegiatan keagamaan pasti pesertanya selalu mendoakan Kabupaten Mamasa untuk lebih baik lagi,” pintanya

Terkait kegiatan ini Ramlan yang mewakili pemerintah Mamasa, sangat berterima kasih kepada pihak Gereja Toraja Mamasa yang telah bersinergi dengan Pemda Mamasa selama ini. Sehingga Kabupaten Mamasa terus berada dalam kondisi aman dan damai.

” Saya bersyukur karena di Kabupaten Mamasa benar-benar terpelihara toleransi intern pengantarnya. Dan inilah
Toraja Mamasa yang akan dilaksanakan Satu Minggu kerjasama pihak gereja dan
dan antar agama dengan baik. Saat kegiatan-kegiatan
keagamaan umat membaur sebagai satu keluarga. Contoh saat Natal umat muslim mengunjungi saudara-saudaranya yang merayakan Natal dan saat
Lebaran umat Kristen mengunjungi saudaranya yang Muslim. Tanpa berlebihan saya mau katakan bahwa Toleransi intern dan antar umat berjalan dengan baik,” sebutnya

Selain itu kata bupati Dua periode itu, kegiatan ini harus punya keseimbangan istri dengan suami.

” saya berharap kedepan bahwa akan ada juga kegiatan Kaum
Bapak GTM yang bisa menjadikan Bapak-bapak GTM yang lebih baik. Pengalaman saya menghadiri acara-acara kegiatan gereja, ibu-ibunya lebih aktif dalam Gereja dibanding kaum bapak.” Pintanya yang mengaku akan memberikan bantuan kepada kaum ibu klasis.

Kegiatan yang mengambil tema ” Tuhan mengangkat kita dari samudera raya”. Diketahui dalam pembukaan di awali Karnaval PPrGTM dari 62 wilayah Klasis Se GTM diantaranya :
1.Kasus Orobua ll
2.Klasis Mehalaan
3.Klasis Pare Pare.
4.Klasis Nosu ll
5.Klasis Tawalian
6.Klasis Tabone
7.Klasis Osango
8.Klasis Osang
9.Klasis Bala Messalu
10.Klasis Lembaran Salulo
11.Klasis Malullu
12.Klasisi Sesena Padang l
13.Klasis Bambang Hilir
14.Klasis Tabang
15.Klasis Ulusalu
16.Klasis Sindagamanik ll
17.Klasis Tobadak Raya Timur
18.Klasis Sindagamanik l
19.Klasis Sesenapadang l Timur
20.Klasis Balla Tumuka
21.Klasis Baruru
22.Klasis Aralle
23.Klasis Tawalian Timur
24.Klasis Sindagamanik lll
25.Klasis Bala Sattoko
26.Klasis Sepang
27.Klasis Pesisir Mamuju
28.Klasis Pana’
29.Klasis Lahairo
30.Klasis Bisa Bisa
31.Klasis Polewali
32.Klasis Tanduk Kalua
33.Klasis Tado’ Kalua’
34.Klasis Nosu l
35.Klasis Salumokanan
36.Klasis Sumarorong
37.Klasis Makassar
38.Klasis Bumal ll
39.Klasis Messawa
40.Klasis Rambu Saratu
41.Klasis Lambanan
42.Klasis Salutambun
43.Klasis Matra Maju
44.Klasis Balla
45.Klasis Bassean Kada Tuo
46.Klasis Mellangkena Padang
47.Klasis Tenang Barat
48.Klasis Tamalantik
49.Klasis Bubungan Kada
50.Klasis Bambang Tengah
51.Klasis Tobadak Raya
52.Klasis Lakahang
53.Klasis Tombo
54.Klasis Bumal l
55.Klasis Malimbong
56.Klasis Tabulahan
57.Klasis Bambang Hulu
58.Klasis Rantebulahan
59.Klasis Mambulillin
60.Klasis Mambulilling Barat
61.Klasis Bodong Budong
62.Klasis Mamasa Kota

Selain itu, pembukaan acara PPrGTM dihadiri wakil bupati Mamasa, anggota dewan, Kapolres Mamasa, Dandim 1402 Polmas, Ketua 1 Badan Pekerja Majelis Sinode GTM, Sekretaris Sinode GTM, Ketua FKUB Kab. Mamasa, tokoh masyarakat, Lembanga Pengaturan injili dari Netharlan, para pendeta.

Seperti diketahui, kegiatan Pekan Raya PPrGTM akan dilaksanakan mulai tanggal 1 sampai dengan 7 Juli 2019 dengan berbagai perlombaan seni Koor, Vocal group, senam Tobelo Rohani dll.

|Rus

Artikel ini telah dibaca 123 kali

Baca Lainnya