Hukrim

Kamis, 4 Juli 2019 - 09:22 WIB

2 minggu yang lalu

logo

Abdul Bahtiar Leo,SH.MH

Abdul Bahtiar Leo,SH.MH

Jaksa Abdul Bahtiar : Setiap Perusahaan Wajib Berikan Jaminan Sosial Karyawannya

MAMUJU,pojokcelebes.com | Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ( BPJS ) Ketenagakerjaan Provisi Sulawesi Barat bersama Kejari Mamuju. Baru – baru ini, menggelar sosialisasi kepatuhan hukum program jaminan sosial ketenagakerjaan yang sasarannya adalah semua pemilik usaha di Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat ( Sulbar).

Abdul Bahtiar Leo,SH.MH selaku pengacara negara yang mendampingi BPJS Ketenagakerjaan mengatakan, bahwa dengan adanya sosialisasi ini berharap para pelaku usaha benar -benar menjalankan undang -undang ketenaga kerjaan yang berlaku agar karyawannya bisa terlindungi.

Dalam sosialisasi itu Bahtiar menekankan, agar semua perusahaan yang berbadan hukum yang memiliki karyawan bisa menjadi kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

” Kami berharap kepada semua perusahaan yang belum mendaftar sebagai kepesertaan anggota BPJS Ketenagakerjaan, diharapkan bisa bergabung sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, ” Kata Leo

Lebih lanjut kata dia, bahwa dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, semua karyawan akan terlindungi hak – haknya sesuai dengan aturan ketenagakerjaan yang berlaku,” tegas Leo.

Menurut Leo, berdasarkan dengan pasal 55 undang – undang RI nomor 24 tahun 2018, tentang badang penyelenggara jaminan sosial yang menyebutkan bahwa bekerja yang melanggar ketentuan sesuai dalam pasal 19 ayat 1 dan ayat 2 di pidana penjara paling lama 8 tahun atau denda paling banyak 1 Miliar.

Selain itu kata dia, selain ancaman pidana juga ada sanksi administrasi dengan pencabutan izin usaha. Dan ini kata dia, tertuang dalam peraturan pemerintah ( PP ) Republik Indonesia nomor 86 tahun 2017, tentang tata cara penggunaan sanksi administrasi kepada pemberi kerja. Dan pemberi kerja yang dimaksud adalah perusahaan perusahaan atau warung warung atau yang lain.

“Jelas diatur dalam undang- undang ketenagakerjaan, jika ada perusahaan yang melanggar sudah pasti ada sanksi yang menanti. Dan dalam waktu dekat ini, kami bersama BPJS Ketenagakerjaan akan turun langsung melihat dilapangan,” pungkas Leo.

|Adji

Artikel ini telah dibaca 194 kali

Baca Lainnya