Advertorial

Selasa, 9 Juli 2019 - 13:24 WIB

1 minggu yang lalu

logo

Badrun Nggai : Petugas Pasar Diminta Pahami Kerangka Acuan Pasar

PARIMO,pojokcelebes.com | Wakil Bupati (Wabup) Parigi Moutong H Badrun Nggai SE minta petugas pasar agar memahami yang menjadi kerangka acuan pasar.

Menurutnya, bagaimana caranya agar pasar dimanfaatkan untuk kepentingan daerah utamanya kepentingan masyarakat demi meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Parigi Moutong.

“PAD pasar kita 40 persen, serusnya PAD pasar sekarang ini sudah mencapai 50 persen karena sudah mencapai 6 bulan,”ungkapnya.

Kata Badrun, pasar yang sudah bagus di Parigi Moutong adalah pasar Torue dan pasar Tolai.

“Pasar yang sudah baik dan berkembang saat ini adalah pasar Torue dan pasar Tolai,”kata Badrun pada saat membuka kegiatan Forum Pembinaan, Pengelolaan dan Manajemen Sumber Daya Petugas Pasar Se- Kabupaten Parigi Moutong, Selasa (9/7/19).

Wabup Badrun juga minta agar Pasar Ikan diberikan penerangan listrik. Karena menurutnya sesuai pantauan di lapangan, selama ini banyak pasar Ikan banyak yang tidak mempunyai penerangan listrik.

“Saya minta Kadis Perdagangan agar memperhatikan listrik di pasar ikan, karena setahu saya ada perjanjian hitam diatas putih untuk pedagang pasar ikan. Saya tahu persis masalah pasar ini, “imbuhnya.

Sementara itu Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Parigi Moutong Ir Amir Syarifudin MSi mengatakan, maksud dan tujuan kegiatan forum pembinaan, pengelolaan dan manajemen sumber daya petugas pasar agar pelaku pasar mengetahui secara profesional dan baik serta mendapatkan ilmu tentang arah kebijakan pasar dari segi pengamanan, kebersihan dan lain lain untuk menopang pendapatan Asli Daerah.

Kata Amir, saat ini Kabupaten Parigi Moutong mempunyai 50 pasar, 28 pasar dikelolah oleh Pemda dan 22 pasar dikelolah oleh Pemerintah Desa.

Amir menambahkan untuk mengoptimalkan PAD khususnya sarana pasar, saat ini yang mendatkan kucuran Dana Alokasi Khusus (DAK) adalah pasar Tinimbo, Pasar Wanamukti, pasar Bolano dan pasar Kasimbar.

| RIS

Artikel ini telah dibaca 420 kali

Baca Lainnya