Advertorial

Selasa, 9 Juli 2019 - 09:18 WIB

3 bulan yang lalu

logo

RUSAK - Salahsatu jalur jalan di Urekan Ulumanda, mengalami rusak parah.

RUSAK - Salahsatu jalur jalan di Urekan Ulumanda, mengalami rusak parah.

Gelontorkan 9 Miliar Proyek Peningkatan Jalan Salutambung – Urekan, tahun ini Dikerjakan

MAMUJU,pojokcelebes.com | Setelah dinyatakan putus kontrak tahun 2018, jalur Salutambung Urekan di Kecamatan Ulumanda Kabupaten Majene Provisi Sulawesi Barat ( Sulbar ). Dipastikan tahun ini 2019, jalur tersebut dikabarakan akan kembali dikerjakan peningkatan jalan. Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat, tidak tanggung – tanggung siap menggelontorkan dana 9 Miliar yang bersumber DAU tahun 2019.

” Memang jalur Salutambung Urekan itu tanggung jawab pemerintah provinsi. Makanya, tahun ini sudah dipastikan akan dikerjakan dengan anggaran 9 Miliar. Saat ini, masih dalam proses lelang dan berharap secepatnya kontrak memang paket ini paket yang paling besar tahun ini dan masih dalam proses lelang, ” kata Kadis Pekerejaan Umum ( PU ) Provinsi Sulawesi Barat, Muh.Aksan, kepada pojokcelebes.com

Aksan juga mengaku, saat ini sambil menungu proses lelang dan kontrak pekerjaan. Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat, tengah melakukan pemelihraan melalui UPTD pemelihraan jalan. Saat ini kata dia, sebuah alat berat sedang melakukan pemeliharaan jalur di Ulumanda yang sangat parah.

” saat ini, sudah ada disana alat berat bekerja melakukan pemeliharaan jalan. Mereka bekerja untuk merapikan badan jalan. Yang penting kendaraan bisa lewat, sambil menunggu proses lelang selesai, ” urainya

Saat ditanya waktu pekerjaan yang saat ini sudah menyisahkan waktu kurang lebih Enam bulan, kata Aksan, bahwa dengan sisa waktu Enam bulan, pihaknya mengaku masih bisa digunakan hingga rampung. Dan kata dia, sisa waktu itu akan digunakan semaksimalmungkin sehinga proyek peningkatan jalan jalur Salutambung Ulumanda itu bernar – benar bisa terlaksana dan rampung sesuai dengan watu yang ditentukan.

” saya kira waktu yang tersisah masih Enam bulan. waktu ini, kami akan manfaatkan lebih baik dan saya kira masih cukup. Kami masih optimis bisa melaksanakan proyek ini dan tentunya kami selalu minta kerja samanya masyarakat setempat, “ujarnya

Aksan menambahkan, jalur Salutambung Ulumanda, memang diakui sangat parah dan jalur ini memang masuk dalam proritas Pemrov Sulbar. Dan kata dia, juga berharap pada lelang nanti pihak ULP bersama Pokjanya benar – benar teliti melihat perusahaan yang layak bekerja sehingga tidak lagi terjadi kejadian putus kontrak yang tentunya merugikan daerah dan masyarakat setempat.

” Tentunya kita tidak mau lagi terjadi adanya pemutusan kontrak dengan sesuatu alasan yang tidak jelas. Kita berharap tahun ini jalur tersebut benar – benar bisa dikerjakan oleh perusahaan yang profesional, ” pintanya.

Ditambahkannya, jika proyek peningkatan jalan Salutambung Ulumanda ini tidak menuai kendala. Kata dia, apasalahnya tahun 2020, pemerintah Provinsi Sulawesi Barat, bisa kembali menganggarkan lebih besar lagi.

Seperti diketahui, jalur Salutambung Urekan hingga ke Ulumanda, sampai saat ini kondisinya sangat memperihatinkan jika musim penghujan tiba. Karena jalur tersebut sangat sulit dilalui kendaraan. Apalagi jika ada warga yang mendapat rujukan karena sakit seperti ibu hamil, kadang nyawa pasien terancam akibat kondisi jalan yagng tidak maksimal.

|Adji

Artikel ini telah dibaca 1246 kali

Baca Lainnya