Celebes

Rabu, 10 Juli 2019 - 10:07 WIB

3 bulan yang lalu

logo

Kapolda Sulbar, Danrem 142 Tatag, Danlanal

Kapolda Sulbar, Danrem 142 Tatag, Danlanal

Puncak HUT Bhayangkara ke 73, Kapolda Sulbar : Teruslah Jadi Rastra Sewakottama, Abditama Nusa dan Bangsa,

MAMUJU,pojokcelebes.com | Hari ini serentak Kepolisian Republik Indonesia dan seluruh jajarannya menggelar upacara dalam rangka memeriahkan puncak hari bhayangkara ke 73. Sama seperti yang dilakukan Polda Sulbar, tepatnya dilapangan Ahmad Kirang Mamuju, Rabu (10/7/19) juga diselenggarakan upacara hari puncak Bhayangkara ke 73.

Upacara puncak hari Bhayangkara ini mengangkat tema “dengan semangat promoter pengabdian polri untuk masyarakat bangsa dan negara”. Dalam pelaksanaannya kegiatan dihadiri langsung oleh Gubernur Sulbar, Kapolda Sulbar, Wakil Gubenur, Sekprov, Danrem 142 Tatag, Kepaka Bin Sulbar, Kajati Sulbar, Ketua KPK RI, Raja Mamuju, Kakanwil Kemhan Sulbar, Dan Lantamal, para pejabat utama Polda dan Korem 142, Bupati Mamuju serta tamu undangan lainnya.

Upacara puncak hari bhayangkara ini dipimpin oleh Kapolda Sulbar Brigjen Pol Drs. Baharudin Djafar, M.Si. Yang berbeda dengan upacara sebelumnya, kali ini pemeriksaan pasukan dilakukan dengan mengendarai mobil Jeep Wrangler milik satuan Brimob Polda Sulbar. Nampak pasukan dari TNI-POLRI, Pasukan Empat Pilar ( Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kepala Desa dan Da’i Kamtibmas ), Dishub, Satpol PP, Damkar, Satpam dan Saka Bhayangkara turut memeriahkan hari puncak bhayangkara.

Kapolda Sulbar dalam amanat Presiden RI Joko Widodo yang dibacakannya Kapolda Sulbar sebagai inspektur upcara menyebutkan, bahwa Kerja keras dan pengabdian Polri, telah dirasakan hasilnya oleh seluruhmasyarakat Indonesia.Situasi keamanan dalam negeri sepanjang tahun 2018 dan 2019 terpelihara dengan baik. Polri danTNI telah mengamankan seluruh perhelatan internasional yang diselenggarakan Pemerintah yaitu Asian Games, Asian Para Games, serta IMF-World Bank Annual Meeting 2018. Polri dan TNI juga telah mengamankan penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2018 dan Pemilu Tahun 2019, sehingga terselenggara dengan aman, damai, dan demokratis.

Dengan berbagai capaian tersebut, kinerja Polri dalam memelihara keamanan dalam negeri terus mendapatkan apresiasi positif dari masyarakat. Tingkat kepercayaan publik terhadap institusi Polri terus meningkat. Hal tersebut ditunjukkan oleh berbagai survei yang diselenggarakan lembaga lembaga survei yang kredibel, Polri menjadi salah satu lembaga yang dipercaya publik, setelah KPK dan TNI.

Capaian tersebut merupakan hasil kerja keras seluruh personel Polri, dengan dukungan mitra kerja dan masyarakat. Oleh karena itu, dalam kesempatan yang penuh dengan kebahagiaan ini, saya mengucapkan terimakasih dan memberikan apresiasi kepada seluruh personel Polri dimanapun Saudara mengabdi, kepada mitra kerja Polri, serta kepada masyarakat yang telah mendukung terwujudnya stabilitas keamanan dalam negeri yang kondusif.

Berbagai capaian tersebut saya harap tidak membuat institusi Polri cepat berpuas diri. Namun sebaliknya, menjadi motivasi dari inspirasi untuk terus meningkatkan kinerja dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Apalagi ke depan, tantangan yang dihadapi Polri dalam memelihara keamanan dalam negeri akan semakin kompleks. Oleh karena itu, sebelum mengakhiri amanat ini, menyampaikan beberapa instruksi sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas : Pertama Terus tingkatkan kualitas sumberdaya manusia Polri, guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks, serta untuk mendukung terwujudnya Indonesia Emas 2045. Kedua Kedepankan strategi pemolisian proaktif dan tindakan humanis dalam mencegah dan menangani berbagai permasalahan sosial yang terjadi dalam kehidupan masyarakat. Ketiga Terus tingkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah, murah, cepat, secara konsisten dan berkelanjutan. Keempat tingkatkan profesionalisme dalam penegakan hukum, guna mewujudkan penegakan hukum yang profesional, transparan, dan berkeadilan. Kelima Perkuat koordinasi dan kerjasama dengan TNI, Kementerian / Lembaga, Pemerintah Daerah, serta masyarakat, dalam memelihara keamanan dalam negeri.

“Dirgahayu Kepolisian Negara Republik Indonesia. Teruslah menjadi Rastra Sewakottama, Abditama nusa dan bangsa,” tandasnya.

Penganugrahan bintang bhayangkara narariya, satya lencana kesetian 32 tahun, 24 tahun, 16 tahun dan 8 delapan tahun juga mewarnai rangkaian upacara hari puncak bhayangkara ke 73. Ditemui sejumlah media Kapolda Sulbar berharap Polri semakin profesional dalam memberikan pengabdiannya melindungi dan melayani masyarakat serta memelihara situasi kamtibmas tetap kondusif.

|HPS

Artikel ini telah dibaca 183 kali

Baca Lainnya