Advertorial

Selasa, 23 Juli 2019 - 23:10 WIB

7 bulan yang lalu

logo

Kedua  Kepala DKP, melakukan salam komando setelah usai meyepakati adanya SIPI Andon.

Kedua Kepala DKP, melakukan salam komando setelah usai meyepakati adanya SIPI Andon.

Sulbar dan Sulteng Sepakat Teken MoU SIPI Andon

PALU,pojokcelebes.com | Nelayan Sulawesi Barat ( Sulbar ) dengan Sulawesi Tengah ( Sulteng ), tidak akan was – was lagi melaut mencari ikan meskipun memasuki perairan di kedua wilayah provinsi tersebut. Sebab, kedua pemerintah perovinsi melalui Dinas Kelauatan dan Perikanan ( DKP ), telah sepakat membangun kemitraan melalui pemberian surat izin penangkapan ikan ( SIPI ) Andon yang diikat melalui penandatanganan nota kesepahaman momerandum of understanding ( MoU ).

” Alhamdulillah telah terjalin kemitraan antara Pemerintah Sulbar dan Sulteng melalu dinas kelautan dan perikanan untuk memberi ruang dan akses yang seluas luasnya melakukan penangkapan ikan oleh nelayan kedua provinsi di wilayah perairan masing masing dalam kewenangannya melalui pemberian surat izin penangkapan ikan (SIPI) Andon.” kata Kadis DKP Provinsi Sulbar, Farman Parakasi. Selasa (23/7)

Kepada pojokcelebes.com Farman mengaku, Setelah terbangun kesepahaman kedua kepala DKP. Nelayan tidak perlu lagi ketakutan dan khawatir untuk diinterogasi aparat dilaut Sulteng demikian sebaliknya karena telah memiliki MOU perjanjian kerja sama nelayan Andon.

” Kedua nelayan tidak perlu lagi takut mencari ikan atau masuk diwilayah peraiaran Sulten atau sebaliknya, karena kedua pemerintah telah sepakat memberikan SIPI Adon,” jelas Farman

Kepala DKP Sulbar, Farman Parakasi, foto bersama dengan Kadis DKP Sulteng serta masing – masing kepala bidang. Usai teken MoU SIPI Andon.

Masih kata mantan Dosen Untad Palu itu, mengaku tujuan utama MoU ini adalah memberi jaminan kepastian keamanan dan keselamatan nelayan Sulbar dan Sulteng, ketika beroperasi menangkap ikan didaerah perairan Sulbar dan Sulteng. Namun kata dia, untuk sementara disepakati keduanya, jumlah kapal yang diperbolehkan untuk mendapatkan SIPI Andon, sebanyak 100 buah untuk masing – masing provinsi.

” Kedepan akan dievaluasi dan jumlahnya bisa bertambah atau sebaliknya tergantung sikon disaat itu. Saat ini DKP Sulbar juga telah mengirim surat ke Provinsi lainnya seperti Sulawesi Tenggara dan Gorontalo dan NTB, serta daerah lainnya. Kita berharap semua bisa terbangun,” pungkas Farman.

|Adji

Artikel ini telah dibaca 3013 kali

Baca Lainnya