Advertorial

Kamis, 8 Agustus 2019 - 00:34 WIB

3 minggu yang lalu

logo

Anggota dewan lembaga adat di wilayah II Kabupaten Mamasa, dikukuhkan.

Anggota dewan lembaga adat di wilayah II Kabupaten Mamasa, dikukuhkan.

Dewan Lembaga Adat Mamasa Wilayah II Resmi Dikukuhkan

MAMASA,pojokcerlebes.com | Puluhan dewan lembaga adat tingkat kecamatan wilayah II resmi dikukuhkan oleh ketua dewan lembaga adat Mamasa, Benyamin Matazak. Rabu (7/8), diaula kantor Kecamatan Sumarorong Kabupaten Mamasa. Tiga perwakilan adat Tiga kecamatan diantaranya, Kecamatan Sumarorong, Kecamatan Nosu dan Kecamatan Pana Kabupaten Mamasa, disaksikan langsung oleh Bupati Mamasa, Ramlan Badawi.

Ketua lembaga adat Kabupaten Mamasa, Benyamin Matazak, sebelum dilakukan acara pengukuhan lembaga adat dari masing -masing perwakilan dari Tiga kecamatan di Kabupaten Mamasa. Benyamin, meminta kepada yang dilantik untuk mengembang amanah sebegai pengurus lembaga adat di masing – masing wilayah agar tetap mementingkan kepentingan umum dari pada kepentingan pribadi demi kemajuan daerah Kabupaten Mamasa. Dia juga meminta, kepada anggota dewan adat yang akan dilantik tidak menerima dan menyanggupi pemberian yang bisa merusak nama baik dewan adat di Kabupaten Mamasa.

” saya minta saudara – saudara, sebelum diambil sumpahnya agar mematuhi aturan dewan adat yang ada agar tidak dilanggar. Dan meminta kepada pengurus adat agar tetap mementingkan kepentingan umum dari pada kepentingan pribadi,” pinta Benyamin Matazak dihadapan pengurus dewan lembaga adat yang akan dikukuhkan.

Sementara Bupati Mamasa Ramlan Badawi dalam sambutannya mengatakan, bahwa sangat mengapresiasi adanya pengurus dewan adat yang dibentuk karena sudah memiliki Peraturan daerah ( Perda ) di wilayah Kabupaten Mamasa.

” saya sangat bersyukur karena dari tahun 2012 digodok Perda Lembaga adat ini, baru tahun 2017 bisa keluar Perdanya. Dan saya sangat berharap agar dengan adanya dewan adat mulai dari desa, kecamatan sampai kabupaten bisa lebih kuat karena sudah permanen dengan adanya Perda ” kata Ramlan.

Menurut dia, lembaga adat yang dibentuk ditengah masyarakat ini bertujuan sebagai fasilitator ditengah masyarakat untuk memfasilitasi supaya bangkit kembali adat di Kabupaten Mamasa,” kata Ramlan.

Lebih lanjut mengatakan, dengan terbentunya dewan lembaga adat agar bisa bekerja sesuai dengan fungsinya. Jika ada yang harus dilakukan harus dilibatkan lembaga adat.

“tidak ada komplein jika ada yang harus dibuat bila dilibatkan lembaga adat. Kalau ada masalah dalam kampung pemerintah susah diselesaikan ya harus diserahkan kepada lemabaga adat, saya yakin pasti punya solusi untuk menyelesaikan dengan cara adat, ” tuturnya,

Dalam pengukuhan dewan adat ini selain bupati Ramlan Badawi, juga dihadiri oleh para Camat Sumarorong, Kapolsek Sumarorong, Danramil 1402 -08 Sumarorong, Ketua lembaga adat Mamasa serta tokoh masyarakat Kabupaten Mamasa.

|Rus

Artikel ini telah dibaca 559 kali

Baca Lainnya