Advertorial

Jumat, 13 September 2019 - 22:00 WIB

7 bulan yang lalu

logo

Dosen Faperta Untad Giatkan Produksi Benih Bawang Merah Berlabel Biru

PALU, pojokcelebes.com | Produk Bawang merah varietas Lembah Palu sejak lama menjadi komoditi andalan masyarakat Palu sebagai bahan baku “Bawang Goreng Palu”. Namun kendala keterbatasan benih bermutu masih mengganjal upaya peningkatan produksi bawang ini.

Sebagai upaya meningkatkan produksi bawang merah, oleh beberapa Tim Pengabdi masing-masing Dr Ir Maemunah, MP, Dr Rustam Abd. Rauf, SP MP dan Dr Ir Ramal Yusuf, M.Sc dibantu oleh Ir Hawalina, M.Sc dan Yusran SP, M.Sc serta beberapa mahasiswa yang bekerjasama dengan PPL melatih dan mendampingi Kelompok Tani Tara’a Nagaya di Kelurahan Kayumalue untuk memproduksi benih berlabel biru.

Kepada media ini, Romy selaku Ketua Kelompok Tani Tara’a Nagaya mengatakan, untuk meningkatkan produk bawang merah, dari kelompok petani telah diberi pengetahuan dan keterampilan serta didampingi dalam memproduksi benih bermutu, mulai dari pemilihan benih, pengolahan lahan, pemeliharaan hingga panen dan pasca panen yang sesuai untuk produksi benih label biru.

Benih yang dihasilkan kata Ketua Kwlompok Tani ini telah digunakan untuk pertanaman berikutnya dan diharapkan dapat diperbanyak lebih lanjut.

“Kegiatan yang didanai DP2RM Kemenristekdikti Tahun Anggaran 2019 melalui Lembaga Penelitian dan Pegabdian kepada Masyarakat Untad ini, diikuti dengan penuh antusias oleh ketua dan anggota kelompok serta beberapa petani lain dan PPL” urainya.

Selain memperoleh bibit dan fasilitas lainnya, sambung Romy, petani sangat senang dapat menimbah pengetahuan dan bertukar pengalaman dengan ahli-ahli pertanian Untad.

Dalam kaitan ini, kami selaku petani sangat berharap agar pendampingan dapat terus berlanjut untuk periode berikutnya. Hal ini dimaksudkan agar peningkatan produksi benih yang mencapai lebih 20% dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan pada periode tanam selanjutnya, harap pak Romy, selaku Ketua Kelompok Tani Tara’a Nagaya.

| Pde

Artikel ini telah dibaca 3095 kali

ADVERTNATIVE
Baca Lainnya