Nasional

Sabtu, 5 Oktober 2019 - 21:27 WIB

2 minggu yang lalu

logo

Pemda Mamasa Diganjar Dua Penghargaan Kementerian

MAMASA,pojokcelebes.com | Pemerintah Kabupaten Mamasa, diganjar penghargaan dari dua kementerian yaitu penghargaan dari Kementeriaan Keuangan RI dan Kementerian Kesehatan RI.

Diketahui piagam penghargaaniterima dari Kementerian Keuangan RI diberikan kepada Pemda Mamasa atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2018 dengan capaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI Perwakilan Sulbar.

Piagam pengharaan yang ditandatangani langsung oleh Menteri Keuangan RI, Sri Mulyani Idrawati diserahkan oleh Gubernur Sulawesi Barat, Ali Baal Masdar dan diterima langsung oleh Bupati Mamasa, Dr. H. Ramlan Badawi, MH., di Aula Gedung Keuangan Negara Mamuju, Jl. Soekarno-Hatta Mamuju (4/10)

Sedangkan penghargaan dari Kementerian Kesehatan RI berupa Sertifikat Eliminasi Malaria yang diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan RI, Prof. Nila Djuwita F. Moeloek dan diterima oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Mamasa, H. Ardiansyah, S.STP., di Kabupaten Malaka, Provinsi NTT.

Kadis Kesehatan Kabupaten Mamasa, dr. Hajai S. Tanga, M.Kes.,mengatakan, Kabupaten Mamasa adalah salah satu dari enam Kabupaten yang menerima penghargaan eliminasi malaria karena kasus penyakit malaria yang ada di Kabupaten Mamasa dalam tiga tahun terakhir menunjukkan angka Annual Parasit Inside (API) dibawah angka 1 per 100.000 penduduk dan kasus penularan setempat tidak ada.

Lanjutnya, eliminasi malaria merupakan upaya untuk menghentikan penularan malaria setempat dalam satu wilayah geografis tertentu.

“Maksudnya kasus malaria masih ada namun bukan didapat didaerah tersebut dan bisa jadi masih ditemukan nyamuk penular malarianya sehingga tetap dibutuhkan kewaspadaan petugas kesehatan, pemerintah dan masyarakat untuk mencegah penularan kembali” terang Kadis Hajai. |Leo|Rus

Artikel ini telah dibaca 116 kali

Baca Lainnya