Celebes

Senin, 11 November 2019 - 17:51 WIB

1 bulan yang lalu

logo

Kapolres Matra AKBP Leo, memberikan arahan kepada personilnya yang bertugas jadi pengamanan Pilkades serentak di Pasangkayu.

Kapolres Matra AKBP Leo, memberikan arahan kepada personilnya yang bertugas jadi pengamanan Pilkades serentak di Pasangkayu.

Besok Pilkdes Serentak, Kapolres Matra Siapkan 200 Pasukan Pengamanan

PASANGKAYU,pojokcelebes | Pimilihan Kepala Desa ( Pilkades ) serentak di sejumlah wilayah Kabupaten Pasangkayu yang berlangsung besok Selasa (12/11). Polres Mamuju Utara ( Matra ), Senin (11/11) langsung melaksanakan apel pergeseran pasukan yang berlangsung di halaman kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa ( PMD ).

Dikabarkan besok, diketahui ada 21 desa di 10 Kecamatan dari 12 kecamatan di wilayah hukum Polres Mamuju Utara Kabupaten Pasangkayu dipastikan akan ikut kontestasi Pilkades serentak besok Selasa.

Apel gelar pasukan ini dipimpin langsung oleh Kapolres Mamuju Utara Akbp Leo H.Siagian yang dihadiri Kadis PMd Muhammad Iqbal Pali, Kasatpol PP Nasrun, Sekdis PMD Anhar SE Para Kabag, Kasat, Kapolsek, perwira Jajaran serta anggota Polres Maupun Polsek Jajaran serta Satpol PP.

Kapolres Matra mengatakan, sebelum personil yang terlibat PAM Pilkades bergeser ketempat pengamanan agar dapat memahami tugas pokok dan tanggung jawab serta fokus pada tujuan pengamanan. Menurut Leo, meskipun situasi Pilkades di wilayah Kabupaten Pasangkayu landai – landai, namun berharap anggota yang melaksanakan PAM Pilkades tetap serius dalam menjalankan tugas dan selalu Waspada terhadap setiap perkembangan situasi dan tidak terprovokasi atas adanya ancaman atau gangguan.

” Ingat tolak ukur keberhasilan dalam pelaksanaan Pengamanan adalah kegiatan berjalan dengan lancar aman dan kondusif, oleh sebab itu dalam bertindak harus tegas sesuaikan dengan SOP nya. Mari berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan tunjukkan komitmen moral dan etos kerja.” pinta Leo

Leo pun menargetkan, bahwa tidak boleh ada kejadian selama pelaksanaan Pilkades, oleh karena itu silahkan mengatur metode pengamanannya. Optimalkan kegiatan deteksi dini dengan melibatkan segenap komponen masyarakat, sehingga permasalahan sekecil apapun segera diketahui dan segera ditangani agar tidak meluas.

Lanjut dia, sebelum pelaksanaan tugas agar selalu memberi APP sehingga prosedur berjalan karena APP merupakan sebagian mekanisme kinerja. Polisi tidak boleh sama sekali terlibat dalam politik praktis apapun dan wajib menjaga netralitas dalam pengamanan Pilkades 2019 ini.

” Mari kita berikan perlindungan dan rasa aman bagi masyarakat yang memiliki hak pilih untuk menentukan pilihannya dalam Pilkades ini. Ingat ! Selasa besok tanggal 12 Nopember 2019 sudah memasuki tahapan pemungutan suara yang memerlukan kesiapan dari pihak jajaran Kepolisian yang dibantu oleh TNI, Linmas serta masyarakat.” harapnya

Kata mantan Kabid Cyber Crime itu mengasakan, bahwa pihaknya tidak akan ragu melakukan tindakan tegas terhadap pelaku yang melakukan praktek kecurangan dan provokasi kerusuhan dalam pelaksanaan Pilkades serentak ini. lanjut dia menyebutkan, Polres Mamuju Utara sendiri menyiapkan sebanyak 200 Personil Polres dan Polsek Jajaran untuk mengawal dan mengamankan jalannya Pilkades Serentak di seluruh wilayah Kabupaten Pasangkayu supaya berjalan aman, lancar dan berkeadilan.

” jika kita temukan adanya praktik provokasi kerusuhan dalam pelaksanaan Pilkdaes ini, kami tidak segan – segan akan menindak, ” tegas Leo

Usai apel dan mendapatkan arahan oleh Kadis PMD dan Kapolres Mamuju Utara. Selanjutnya perwakilan tim Lima menerima kotak suara secara simbolis yang diserahkan oleh kadis PMD kepada Tim Lima Desa.|PCN

Artikel ini telah dibaca 6 kali

Baca Lainnya