Advertorial

Rabu, 4 Desember 2019 - 17:43 WIB

3 hari yang lalu

logo

Kadis PUPRP Ir Arifin Amad MSi

Kadis PUPRP Ir Arifin Amad MSi

Pamda Parimo Pertama Kali Gunakan Aplikasi SIMBG Untuk Bangunan

PARIMO, pojokcelebes.com | Izin Mendirikan Bangunan (IMB) menjadi salah satu syarat bagi masyarakat yang ingin mendirikan bangunan rumah dan gedung bertingkat serta merenovasi dengan melakukan pengubahan bentuk awal bangunan rumahnya, atau melakukan penambahan bangunan. IMB menjadi salah satu dokumen legal yang sah untuk bangunan rumah dan gedung.

Saat di konfirmasi diruang kerjanya beberapa waktu lalu, sekertaris PUPR, ” Rivai ST, menuturkan aplikasi SIMBG, dibuat untuk menyeragamkan prosedur dan syarat dalam permohonan IMB, dan sertifikat laik fungsi (SLF), serta memberikan kepastian waktu layanan.

“Pemda Parimo saat ini untuk pertama kali menerapkan aplikasi SIMBG, dalam mendapatkan IMB dan SLF” tuturnya.

Rivai mengungkapkan, untuk layanan berbasis digital SIMBG ini adalah suatu cara mempermudah masyarakat untuk mengajukan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan mendapatkan Sertifikat Laik Bangunan (SLF)” ujarnya.

Dia menambahkan, dalam proses sebelumnya masih dilakukan secara konvensional serta secara manual dengan proses administrasi yang dilakukan secara offline sehingga koordinasi antar instansi perizinan dan instansi teknis membutuhkan waktu yang lebih lama,” kata Rivai, Senin (18/11/2019).

Lanjut Rivai, dengan hadirnya aplikasi SIMBG ini akhirnya telah mengubah proses konvensional tersebut menjadi digital sehingga proses pelayanannya lebih cepat. Dan Koordinasi antar instansi dilakukan secara online sehingga real time hanya menunggu 3 hari saja, SLF nya secara gratis.

Saat ditanyakan apakah sistem aplikasi ini sudah di sosialisasikan? Kata Rivai, saat ini masih disampaikan melalu media sosial, pungkasnya.

Artikel ini telah dibaca 224 kali

Baca Lainnya