Politik

Kamis, 5 Desember 2019 - 06:59 WIB

3 hari yang lalu

logo

Wagub Enny Angraeni menyerahkan Lima Ranperda kepda wakil Ketua DPRD Provinsi Sulbar.

Wagub Enny Angraeni menyerahkan Lima Ranperda kepda wakil Ketua DPRD Provinsi Sulbar.

DPRD Gelar Sidang Paripurna Penyerahan Lima Ranperda

MAMUJU,pojokcelebes | Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulbar bersama Pemerintah Provinsi Sulbar menggelar rapat Paripurna penyerahan Lima Rancangan Peraturan Daerah ( Ranperda ) di Ruang Rapat Paripurna DPRD Sulbar, Rabu (4/12). Penyerahan Ranperda dilakukan oleh Wagub Enny Anggraeni Anwar yang diterima Wakil Ketua DPRD Sulbar, Abd. Rahim.

Lima Ranperda tersebut yaitu, Ranperda tentang Retribusi Jasa Umum, Ranperda tentang Jasa Usaha, Ranperda tentang Perubahan RPJMD Sulbar tahun 2017 – 2022, Ranperda tentang pembentukan Rencana Pembangunan Industri di Sulbar tahun 2019 -2039, dan Ranperda tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Provinsi Sulbar.

Rapat Paripurna penyerahan lima Ranperda dipimpin oleh Wakil Ketua II DPRD Sulbar Abdul Rahim. Wagub Enny Anggraeni Anwar dalam sambutannya menyampaikan, pengajuan kelima Ranperda tersebut merupakan pelaksanaan urusan yang menjadi kewenangan provinsi, yang kesemuanya bertujuan untuk memenuhi hak masyarakat di segala sektor atau bidang melalui kebijakan yang berpihak kepada masyarakat.

Terkait Ranperda tentang retribusi jasa umum dan jasa usaha, Enny mengatakan, dengan adanya perubahan peraturan daerah ( Perda ) tentang retribusi jasa umum dan jasa usaha ini di harapkan akan mampu memberikan kontribusi dan mendorong peningkatan pendapatan asli daerah Provinsi Sulawesi Barat.

Usulan Lima Ranperda tersebut, Enny mengharapkan, usulan tersebut bisa selesai tepat waktunya, agar bisa memberikan manfaat yang besar bagi pemerintah daerah dan bagi kesejahteraan masyarakat.

Wakil Ketua DPRD Sulbar, Abd. Rahum menyampaikan, berdasarkan ketentuan pasal 11 ayat 3 huruf a peraturan tata tertib DPRD menjelaskan bahwa pembahasan Ranperda dilakukan melalui dua tahapan, pada tahapan pertama Rancangan Peraturan Daerah berasal dari kepala daerah di awali dengan penjelasan gubernur dalam rapat Paripurna

“Setelah melalui pembahasan dan penyerahan lima ranperda ini, berdasarkan surat rekomendasi dari Baperpemda, maka Bamus PRD menindaklanjuti dan menyepakati jadwal pembahasan serta menyetujui Lima Ranperda yang akan dibahas dalam rapat pansus DPRD Sulbar,” tandas Rahim.

Hadir pada penyerahan Ranperda tersebut adalah sejumlah anggota DPRD dan pimpinan OPD. |Ayu/JRN

Artikel ini telah dibaca 19 kali

Baca Lainnya