Advertorial

Selasa, 24 Desember 2019 - 08:37 WIB

1 bulan yang lalu

logo

Bupati Aras Tammauni, terlihat memegangsatu ekor kakap hasil dari pancingan nelayan Kambunong.

Bupati Aras Tammauni, terlihat memegangsatu ekor kakap hasil dari pancingan nelayan Kambunong.

Hasil Nelayan di Kambunong Melimpah, Bupati Aras Minta Investor bisa Masuk

MAMUJU TENGAH, pojokcelebes | Bupati Mamuju Tengah ( Mateng ), Aras Tammauni. Senin kemarin (24/12), menyerahkan secara simbolis bantuan sarana dan prasarana perikanan dan kelautan kepada puluhan kelompok nelayan dan petani tambak di Desa Kambunong Kabupaten.

Adapun bantuan yang diterima oleh kelompok usaha bersama ( KUB ) di Desa Kambunong adalah motor box, bibit udang paname,ikan air tawar, pabrik es dan bantuan perahu piber.

Menurut Bupati Aras, bantuan kepada para nelayan tersebut merupakan komitmen pemerintah daerah Kabupaten Mamuju Tengah dalam menyejahterakan dan melindungi masyarakat khususnya yang bekerja sebagai nelayan. Apalagi di Desa Kambunong diketahui hasilnya nelayannya sangat melimpah,

“Banyaknya bantuan yang kami serahkan hari ini semata-mata wujud komitmen kami dalam melindungi dan mensejahterakan masyarakat Mateng khususnya para nelayan yang ada di Kabunong,” ungkapnya.

Dihadapan wartawan, Aras yang disapa Uwe’ bahwa petani nelayan dan tambak di Desa Kabunong sangat menjanjikan. Pasalnya dalan Satu Minggu ada kelompok nelayan sudah bisa menghidupi kelompoknya dengan mengahasilkan ratusan juta seminggu, bahkan sudah bisa membeli mobil ketua kelompoknya.

” Kelompok nelayan Sumber Sorong di Kabunong sangat menjanjikan karena salasatu kelompok pemancing ikan tuna yang bisa menghasilkan 100 sampai 200 juta per Minggunya, bahkan ketua kelompok ini sudah mampu membeli mobil
. Sedangkan untuk bantuan pembudidaya ikan bandeng dan udang paname kami sudah bantu eskavator. Untuk meningkatkan hasil mereka
kami sudah menjalin hubungan dengan pengusaha dari China guna meningkatkan petani tambak pembudidaya, ” sebut Uwe’ yang mengaku tahun depan permintaan nelayan akan ditingkatkan

Selain itu kata dia, untuk lebih memberikan hasil kepada daerah terhadap produktifitas nelayan di Desa Kambunong. Berharap ada investor masuk di Mateng. Olehnya itu kata dia, memita kepada wartwan untuk mempulikasikan.

“Makanya foto kita tadi, tolong adik – adik wartawan kalau bisa muat dikoran, biar investor bisa masuk di Mateng. Karena kata Kapolres Mateng ini adalah daerah nyaman dan aman,” ujarnya.

Sementara Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Mateng, Amirullah berharap bantuan tersebut dapat dimanfaatkan dan dijaga dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian keluarga para nelayan.

Dia menyebutkan, pemberian bantuan ada Tiga bidang yakni bidang kankap, pemasaran dan pembudidaya Lanjut. Dia juga mengaku, yang bisa mendapatkan bantuan adalah kelompok yang memiliki akta notaris karna sesuai denga petunjuk dimana disebut yang dapat dibantu adalah kelompok yang memiliki legalitas yang resmi

” Kami akan terus meningkatkan bantuan untuk nelayan agar bisa meningkatkan pendapatan nelayan sumber anggaran dari APBD Dan APBN, ” pungkasnya.

|Min

Artikel ini telah dibaca 2335 kali

Baca Lainnya