Advertorial

Selasa, 24 Desember 2019 - 17:19 WIB

1 bulan yang lalu

logo

Warga Hahangan bergotong royong bangun permandian air panas dengan gunakan DD tahun 2019.

Warga Hahangan bergotong royong bangun permandian air panas dengan gunakan DD tahun 2019.

Tingkatkan PAD, Pemdes Hahangan bersama Masyarakat Bangun Kolam Permandian Air Panas

MAMASA,pojokcelebes | Kalau program Desa Kalla’be dan Desa Rantekamase, berhasil menyerap dana desanya dengan melakukan pembangunan infrastruktur, baik rabat beton maupun jembatan gantung. Kini desa yang berada diujung bagian utara Kabupaten Mamasa ini yakni Desa Hahangan Kecamatan Aralle, juga tidak mau kalah. Bersama masyarakatnya kompak membangun tempat pariwisata kolam permandian air panas. Meskipun belum rampung namun pembangunan objek wisata ini bertujuan untuk meningakatan pendapata hasil desa ( PAD ).

Ditemui Kades Hahangan, Bahtiar kepada pojokcelebes.com mengatakan, saat ini desa tengah mengucurkan anggaran desa ( DD ) sebesar 343 juta lebih. Anggaran itu diperuntukan untuk pembangunan bak permandian air panas, gasebo dan pagar objek wisata. Lanjut dia katakan, jika anggaran ini tidak mencukupi, dipastikan tahun depan 2020, Pemdes akan kembali menganggarkan hingga proyek pembangunan objek wisata ini rampung.

” Kami sudah anggarankan pak sejumlah 343 juta lebih. Dan kami mengharap pembangunan bak permandian air panas itu serta gasebonya dan pagar kolam bisa rampung. Namun jika anggaran tidak cukup, Pemdes kembali akan anggarkan tahun depan 2020, hingga program ini bisa rampung,” kata Kades Hahangan, Bahtiar.

Kata Bahtiar, Potensi jadi desa wisata itu besar sekali jika pemabangunan kolam air panas ini bisa rampung. Oleh karena itu, Pemdes Hahangan, harapkan peran dari masyarakat untuk turut mengembangkan potensi ini agar dapat menambah pendapatan bagi Desa Hahangan.

” jika kolam permandian air pans ini rampung, sangat dipastikan potensi Desa Hahangan menjadi desa wisata bisa terjadi. Dan besar kemungkinan penadapat hasil desa akan bertambah, jadi kami butuhkan pertisifasi masyarakat kami untuk mendukung program Pemdes ini, ” jekas Bahtiar.

Lanjut Bahtiar menyakini, dengan pengelolaan wisata permandian air panas Desa Hahangan, akan berdampak pada perekonomian di desa setempat dan meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat desa itu sendiri.

Terlihat air panas mengalir ke bak penampungan yang saat ini masih dibangun baknya.

Kepala Desa Hahangan Bahtiar, menyampaikan terkait penggunaan anggaran Dana Desa khususnya untuk kegiatan pembangunan objek wisata dengan pengembangannya tentunya akan memberikan dampak postif ke desa itu sendiri.

“Permandian air panas di Desa Hahangan ini jika sudah rampung, pastinya akan kami rawat dan terus kami kembangkan hingga desa kami dikenal dengan permandiannya. Pemerintah Desa Hahangan dan warga tengah berkomitmen agar permandian air panas ini menjadi indah, aman, nyaman dan tampak lingkungan hijaunya tertata dengan baik,” tandasnya. |Rus

Artikel ini telah dibaca 963 kali

Baca Lainnya