Celebes

Kamis, 26 Desember 2019 - 13:48 WIB

8 bulan yang lalu

logo

Aksi massa HMI Cabang Manakarra yang menggelar aksi damai di perempatan Empat Jalan Ahmad Kirang Mamuju.

Aksi massa HMI Cabang Manakarra yang menggelar aksi damai di perempatan Empat Jalan Ahmad Kirang Mamuju.

Peduli Muslim Ughyur Xinjiang, HMI Manakarra Gelar Aksi Damai

MAMUJU,pojokcelebes | Puluhan massa aksi dari Himpunan Mahasiswa Islam ( HMI ) Cabang Manakarra. Kamis (26/12), kembali turun kejalan sebagai bentuk solidaritas kemanusiaan terhadap protes atas tindak kekerasan kepada suku Ughyur di Cina.

Aksi berlangsun disimpang Empat Ahamd Kirang Mamuju. Kordinator Lapangan Sopliadi mengatakan, aksi yang dilakukan HMI itu sengaja bentuk peduli bagi warga Muslim Ughyur di Xinjiang yang dirampas haknya oleh pemerintah China. Kata dia, bentuk peduli itu, dilakukan dengan mebahikan bunga

” Kami membagikan bunga sebagai bentuk protes dan bela sungkawa terhadap kekerasan yang telah dilakukan pemerintah Cina terhadap muslim Ughyur,” jelasnya.

Menurut Sopliadi, teriakan hari ini mengaku bukan berbicara tentang agama ataupun kelompok tapi berbicara tentang kemanusiaan di negeri ini sebagai mana yang tercantum dalam Undang-undang dasar 45

” Kekecewaan ini muncul hadir dari konstruksi baik dari kader HMI maupun kelompok dengan apa yang dilakukan pemerintah China terhadap Ummat Muslim Ughur di Xinjiang. Lagi – lagi bentuk ini adalah sebagai bentuk protes terhadap Pemerintah China karena telah merampas hak Ummat Islam Ughur di Xinjiang,” katanya.

Lebuh lanjut mengatakan, Himpunan Mahasiswa Islam, hanya memperlihatkan hari ini bentuk bela sungkawa terhadap Ummat Muslim di Xinjiang. Bahkan dengan tegas mengatakan, bahwa umat Islam di Mamuju, tidak pernah melakukan tindak kekerasan ataupun rasisme terhadap Ummat Tionghoa yang ada di Mamuju

” Kami mendesak pemerintah pusat dalam hal ini Presiden Republik Indonesia agar segera melakukan diplomasi melalui PBB pernyataan sikap menghentikan tindak kekerasan pemerintah China terhadap Ummat Muslim Ughur yg ada di Xingjian,” tegasnya.

Kegiatan aksi unjuk rasa berakhir pada pukul 11.35 Wita, dalam keadaan aman dan kondusif dilanjutkan dengan Do’a bersama oleh Kader HMI Cab. Manakarra.
|Adji

Artikel ini telah dibaca 1931 kali

Baca Lainnya