Hukrim

Senin, 30 Desember 2019 - 22:42 WIB

4 minggu yang lalu

logo

Kantor UPTD Air Bersih Mateng.

Kantor UPTD Air Bersih Mateng.

Sarana Air Bersih Tidak Berfungsi, Warga Ancam Tarik Kembali Tanah Hibah

MAMUJU TENGAH, pojokcelebes | Keberadaan sarana air bersih yakni bak penampungan yang dikelola oleh UPTD Air Bersi Mamuju Tengah ( Mateng ), dikeluhkan oleh warga Dusun Wairandang Desa Tumbu Kecamatan Topoyo Kabupaten Mamuju Tengah ( Mateng ).

Adanya keluhan fasilitas air bersih itu ditengarai karena bak penampungan air yang dibangun oleh Pemda Mateng, sampai saat ini belum difungsikan atau dimanfaatkan. Padahal proyek itu dibangun dan rampung sejak 2018. Akibatnya warga yang menghibahkan lokasinya mengancam akan menarik kembali jika sarana air bersih itu tidak punya asas manfaat.

Sumantri salahseorang warga Dusun Wairandang, yang mengeluhkan bak air yang baru saja dibangun Pemda Mateng. Dia mengaku, sejak rampung proyek itu sampai saat ini belum difungsikan tanpa alasan yang pasti. Hal ini sangat dirugikan warga setempat.

” sudah satutahun lebih sudah di kerja tapi belum berfunsi. Dan Kadis PU sudah berjanji akan difungsikan di awal tahun 2019 tapi sampai hari ini belum ada tanda-tanda. Kalau memang tidak ada asas manfaat kami berjanji akan tarik kembali kami punya lahan. Karena memang kemarin ini tanah ini saya hibakan untuk kepentingan umum,” kesal Sumantri

Ditemui Kadis PU Mateng, Ahyar Arifin, mengatakan pembanguanan sarana air dilakukan secara bertahap. Kata dia, untuk tahun 2018, pembanguanan sarana air bersih itu dilakukan hanya pembuatan bak dan perpipaan dan direncanakan tahun 2019 akan difungsikan. Namun kata dia, saat dilakukan pengoperasian debet air kecil sehingga belum bisa berfungsi secara maksimal. Untuk bisa memanfaatkan sarana air bersih itu, Pemda Kembali membangun pengolahan ari bersi baru yang ada di jalan poros Tobadak. Hal ini dilakukan untuk memenuhi harapan masyarakat Mateng.

” Kami berharap di awal tahun 2019 sudah bisa beroperasi tapi debit air yang masi kurang, sehingga belum bisa berfungsi secara maksimal tahun ini. Untuk itu kembali kami membangun pengolahan ari bersi baru yang ada di jalan poros Tobadak ini untuk memenuhi harapan masyarakat Mateng,” jelas Ahyar

Senada dengan tanggapan Kepala UPTD air bersih Mateng, Sriharyudit saat pojokcelebes.com menemuinya mengatakan, sarana air bersih yang ada di Dusun Wairandang Desa Tumbu diakuinya memang belum maksimal. Dan kata dia, awal tahun 2019 sudah pernah dilakukan uji coba dengan alasan debet air kecil. Sehingga belum dilakukan pemasangan jaringan ke rumah – rumah warga.

” Lemahnya debit air salahsatu alasan sarana ini tidak berfungsi. Kami juga sudah melakukan pemompaan air tapi belum bisa maksimal, kami sudah pernah isi bak tersebut dan memakan waktu cukup lama. Dan kami butu bak air yang sejajar dengan pipa saluran,” jelasnya.

|Min

Artikel ini telah dibaca 2344 kali

Baca Lainnya