Celebes

Minggu, 5 Januari 2020 - 09:11 WIB

3 minggu yang lalu

logo

Pengacara senior Rustam Timbonga berbagi ilmu hukum di kantor Desa Leling Utara.

Pengacara senior Rustam Timbonga berbagi ilmu hukum di kantor Desa Leling Utara.

LBH Citra Justitia Sulbar Sasar Desa Leling Utara Gelar Penyuluhan Hukum

MAMUJU,pojokcelebes | Mengenalkan hukum ke masyarakat. LBH Citra Justitia Suawsi Barat ( Sulbar ). Sabtu (4/1), kembali melakukan kegiatan perdana di tahun 2020 dengan melaksanakan penyuluhan hukum di Desa Leling Utara, Kecamatan Tommo, Kabupaten Mamuju.

Direktur LBH Citra Justitia Sulawesi Barat, Rustam Timbonga SH.MH kepada pojokcelebes.com mengatakan, kegiatan penyuluhan hukum ini kepada masyarakat terutama Pemdes, agar bisa mengetahui tentang hukum agraria. Apalagi kegiatan ini bertemakan “Memahami Undang-undang No. 5 tahun 1960 tentang Pokok-pokok Agraria”

Rustam menjelaskan, mengenai hak-hak atas tanah yang diberikan pemerintah kepada masyarakat maupun badan hukum, dan bagaimana hak-hak atas tanah itu dapat hilang atau musnah. Kata dia, dalam kepemilikan setiap bidang tanah, harus tetap memperhatikan atau mengedepankan fungsi sosial tanah, sehingga setiap bidang tanah yang dimiliki harus bisa dimanfaatkan dan jangan sekalikali diterlantarkan.

Menurut Rustam, penyuluhan hukum juga bertujuan untuk menumbuhkan kesadaran hukum masyarakat sehingga masyarakat paham bagaimana memisahkan antara hak dan kewajiban.

“Juga agar masyarakat menjadi cerdas hukum. Kami tidak hanya membahas tentang agrarian dan bantuan hukum tapi membahas pula tentang serrtifikat yang dianggap sah menurut ketentuan peraturan perundang-undangan supaya tercipta budaya hukum dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat,” kata Rustam.

Dalam kegiatan penyuluhan hukum di Desa leling Utara ini masyarakat mengikutinya secara antusias dan banyak pertanyaan yang didiskusikan, bukan hanya masalah agrarian tetapi juga berdiskusi tentang lingkungan hidup, undang-undang kehutanan. Dan kegiatan ini peserta sangat antusias mengikuti kegitan penyuluhan hukum ini karena banyak pengetahuan baru yang didapatkan.

Kepala Desa Leling Utara Lutri, mengaku sangat mengapresiasi kegaiatan ini karena selama ini masyarakat di Desa Leling Utara sangat kurang pemahaman terhadap aturan perundang – undangan agraria.

” Menari sekali penyuluhan hukum ini karena masyarakat saya hampir seluruhnya bekerja sebagai petani. Ia berharap kegiatan ini kedepan masih tetap dapat dilanjutkan karena sangat membantu kami selaku pemerintah desa.” ujar Lutri

” Tentunya kami menyampikan rasa terima kasih kepada ketua LBH Citra Justitia Sulawesi Barat, yang telah melaksanakan kegiatan di desa ini, dengan harapan di masa yang akan datang bisa dibangun kerja sama dalam mensosialisakan aturan perundang-undang yang ada.”lanjut Lutri

Dalam kegiatan sosialsasi hukum Agraria ini, diikuti 50 orang peserta yakni terdiri dari unsur BPD, perangkat Desa, tokoh-tokoh masayarakan, pemuda dan kaum perempuan Desa Leling Utara.

|Adji

Artikel ini telah dibaca 495 kali

Baca Lainnya