Hukrim

Rabu, 12 Februari 2020 - 07:07 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Pemilik toko Kosmetik Irma Shop di Mamuju, akhirnya duduk di kursi pesakitan PN Mamuju.

Pemilik toko Kosmetik Irma Shop di Mamuju, akhirnya duduk di kursi pesakitan PN Mamuju.

Tidak Miliki Izin Edar Pemilik Toko Kosmetik Irma Shop Duduk Dikursi Pesakitan

MAMUJU,pojokcelebes | Diduga sengaja memproduksi atau mengedarkan sediaan farmasi dan atau alat kesehatan berupa Kosmetika yang tidak memiliki izin edar sebagaimana dimaksud dalam pasal 106 ayat (1). Pemilik toko Kosmetik Irma Shop di Mamuju, akhirnya resmi duduk dikursi pesakitan Pengadilan Mamuju ( PN ).

Menggunakan baju dan hijab serba warna ping, ibu muda yang diketahui bernama Irmayanti Binti Arsyad alias Imma, menjalani sidang perdananya dengan mendengarkan pembacaan dakwaan yang di bacakan oleh jakas penuntut umum ( JPU ), Syamsul Alam, SH.MH.

Dalam dakwaan dengan nomor perkara 25/Pid.Sus/2020/PN Mam disebutkan, bahwa pada hari Rabu 14 Agustus 2019 sekitar pukul 14.30 wita. Petugas gabungan yang di kordinir oleh Balai POM Mamuju bersama dengan Polisi. Menemukan sejumlah barang kosmetik yang diduga milik terdakwa Irmayanti di toko milikny adi jalan Kurngan Bassi kabupaten Mamuju.

” petugas menemumkan sejumlah sejumlah barang bukti kosmetik berbagai merek yang diduga milik tedakwa Irmayanti. Dan terdakwa Irmayanti diduga sengaja memproduksi atau mengedarkan sediaan farmasi dan atau alat kesehatan berupa kosmetika yang tidak memiliki Izin Edar sebagaimana dimaksud dalam pasal 106 ayat (1).” sebut Syamsul Alam.

Lanjut Syamsul, dalam pemeriksaan karyawan toko Kosmetik milik terdakwa yang saat itu terdakwa lagi keluar. Petugas menemukan karyawan mengamankan barang bukti kosmtik di kandang ayam dan dapur toko. Hal ini dilakukan agar pemilik toko bisa terhindar dari razia petugas .

” Petugas kemudian menuju kearah belakang toko dan menemukan Dua orang perempuan mengangkat doos atau karton berisi produk kosmetik untuk disembunyikan dikandang ayam dan selain ditemukan dikandang ayam Petugas juga menemukan produk kosmetika yang disimpan di area dapur, dan didalam kamar tidur ditemukan beberapa jenis kosmetika dan obat tradisional yang berada di rak dan estalase tanpa memiliki izin edar, selanjutnya Petugas mengamankan kosmetika dan obat tradisional yang kemudian dibawa ke Kantor Balai POM Mamuju untuk dilakukan penyidikan.” jelas Syamsul

Terdakwa juga menjelaskan dalam dakwaannya bahwa kosmetik seperti merek Purbasari, merek Nivea dan merek YOU, terdakwa memesan melalui sales yang datang, merek Zoya dari mobil box sedangkan merek Zamzam terdakwa pesan lewat Online di Makassar, merek Huda dipesan secara Online di Shopee yang dikirim oleh memasok melalui JNT dan Bus Bintang Prima. Dan terdakwa juga mengaku, bahwa pemasaran barang kosmtik bisa melalui di toko langsung dan bisa di akun media sosial ( Medsos ) akun pribadi Facebook nama Irmayanti.

Sejumlah barang bukti kosmetik tanpa izin edar yang berhasil diista oleh petugas balai POM Mamuju bersama dengan Polisi. Diantaranya.

1 100% Natural Charcoal Teeth Whitening – 40 Kosmetik
2 92% Aloe Vera Sashimi Teen Thailand 36 Kosmetik
3 ADS Fashion Colour Made in China 5 Kosmetik
4 Aloe Vera 99% Lipstick Fairy Garden – 19 Kosmetik
5 Anastasia Glow Kit Essemble Eclant Mag – 1 Kosmetik
6 Anastasia Glow Kit Nicole Guaerrio Anastasia Beverly Hills 1 Kosmetik
7 Animal Otter Aqua Mask Korea 3 Kosmetik
8 Apple 3 Dude Volume 2 – 1 Kosmetik
9 April Skin Black Made in Korea 28 Kosmetik
10 April Skin White Made in Korea 2 Kosmetik
11 Banzou CC BAR Made in China 11 Kosmetik
12 Beauty Creatins Boudoir Shadows – 1 Kosmetik
13 Bibit Cair Infus – 13 Kosmetik
14 Bibit Gluta SP Whitening
7 Kosmetik
15 Bioaqua Air Cushion – 3 Kosmetik
16 Bioaqua BB Exquisite Tan Delicate – 2 Kosmetik

Sidang pembacaan dakwaan, terdakwa Irmayanti didampingi penasehat hukumnnya Tamzil, SH.MH. Sementara sidang diketuai oleh majelis hakim Andi Adha,SH da dua hakim anggota Nurlely, SH dan Harwansyah, SH.MH. Sidang kembali dilanjutkan pekan depan dengan agenda pemeriksaan saksi.

|Adji

Artikel ini telah dibaca 205 kali

ADVERTNATIVE
Baca Lainnya