Hukrim

Kamis, 12 Maret 2020 - 16:11 WIB

4 minggu yang lalu

logo

Jilid Dua, Kasus Korupsi Lahan Perkebunan, Dua Tersangka Tahap Dua

MAMUJU,pojokcelebes | Dua orang ketua kelompok tani ( Koptan ), terseret dalam pusaran korupsi pembukaan lahan land clearing pada Dinas Perkebunan Provinsi Sulawesi Barat ( Sulbar ) tahun 2013, di Desa Leling Utara dan Desa Salundengeng Kecamatan Tommo Kabupaten Mamuju. Kedua tersangka itu adalah Anwar Raropi dengan Zainal Said. Kamis pagi ( 12/3 ) resmi dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri ( Kejari ) Mamuju. ( Tahap Dua ).

Kasat Reskrim Polresta Mamuju AKP. Samsuriyansah mengatakan, pengungkapan kasus ini merupakan tindak lanjut dari putusan pengadilan negeri Tipikor Mamuju, yang memvonis bersalah mantan Kadis Perkebunan Supriyanto yang juga sebagai kuasa pengguna anggaran ( KPA ) bersama Kabid Soni Magintung selaku PPK. Dalam fakta persidangan diketahui masih ada rentetan yang terlibat dalam kasus ini, sehingga pihak penyidik Polresta Mamuju melakukan pendalaman yang akhirnya menetapkan Kedua tersangka.

” Ini tindak lanjut penanganan perkara kasus Korupsi yang sudah vonis bersalah sebelumnya, yakni pak Supriyanto dan Soni Magintung, dalam fakta persidangan diduga masih ada yang terlibat. Hingga akhirnya kedua tersangka ini langsung ditetapkan tersangka berdasarkan bukti yang dimiliki oleh Polisi,” kata Samsuriyansah kepada sejumlah media. Kamis ( 12/3 ), di Mapolresta Mamuju.

Kasat Reskrim Polresta Mamuju yang akrab disapa Anca itu mengaku, polisi Tipikor menemukan kegiatan upah kerja untuk pembukaan lahan atau land clearing pada kegiatan pengembangan perluasan dan pengelolaan lahan pertanian pada Dinas Perkebunan tahun 2013 dengan nilai kerugian negara sebesar 1,17 Miliar, dalam rangka perluasan lahan perkebunan rakyat berupa kelapa sawit seluas 550 hektar di Dua desa yakni Desa Leling Utara dan Desa Saludengeng Kecamatan Tommo sehingga menimbulkan kerugian negara sebesar.

” Berkas perkaranya sudah rampung berdasarkan pemberitahuan dari jaksa,  makanya hari ini kami sudah lakukan tahap Dua, ” pangkas Anca.

Pantauan pojokcelebes.com. Dua tersangka yang sudah masuk tahap Dua. Saat dilakukan penyerahan keduanya didampingi kuasa hukumnya Abdul Wahab,SH. Dan keduanya tersangka  sesekali tersenyum kepada sejumlah media saat dia sorot kamera wartawan. Keduanya dikawal dengan berjalan kaki menuju kantor Kejaksaan hingga masuk di ruangan Kasipidsus Kejari Mamuju. |Adji

 

Artikel ini telah dibaca 54 kali

ADVERTNATIVE
Baca Lainnya