Hukrim

Senin, 6 April 2020 - 22:33 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Dua Tersangka Korupsi Dana Desa serta 4 Oknum LSM Resmi Dilimpah Kejaksa Penuntut

MAJENE,pojokcelebes | Dua Tersangka Korupsi dana desa ( DD ) dan Dana alokasi desa  ( ADD ) Ba’babulo tahun 2018, yakni Kepala Desa Bababulo Taufik dengan Bendahara desa, Aswan Rudiyanto. Akhirnya resmi diserahkan bersama barang buktinya atau tahap Dua ke jaksa penuntut umum ( JPU ) Kejaksaan Negeri ( Kejari ) Majene.

Selain tersangka Korupsi Dana Desa. Penyidik Tipikor Polres Majene, juga menyerahkan Empat tersangka oknum LSM beserta barang buktinya ke jaksa penuntut. Empat  oknum LSM itu adalah tersangka Amiruddin Alias Illang Bin Alm. Ramli. Tersangka Sukri. Tersangka Nurmuqladin dan tersangka Sofyan.

” Sore tadi kami sudah serahkan Enam orang tersangka dan barang buktinya sekitar 15.30 wita, bertempat di Kejaksaan Negeri Majene, dan berkasnya sudah rampung alias tahap Dua,” kata Kasat Reskrim Polres Majene. AKP Jamaluddin.

Mantan Kasat Reskrim Polres Mamuju itu mengaku, bahwa oknum LSM itu menjadi tersangka Kasus dalam perkara tindak pidana korupsi mencegah, merintangi, atau menggagalkan secara langsung atau tidak langsung penyidikan tindak pidana korupsi.

Dan kata dia, sebelumnya dari Empat tersangka atas nama Nurmuqladin pada bulan Maret 2020 telah mengajukan gugatan praperadilan terhadap penyidik sat Reskrim polres Majene mengenai penetapan tersangka. Namun oleh hakim ketua Pengadilan Negeri Majene, menolak secara keseluruhan gugutan pemohon.

” Penyidik Tipikor Polres Majene pernah di praperadilan kan mereka, namun gugatannya di tolak oleh Mejelis hakim,” ujar Jamaluddin.

Masih dia, Pelimpahan Enam tersangka  beserta barang buktinya ke Jaksa penuntut, menyatakan bahwa berkas perkara kasus tersebut lengkap atau P21.

” pelimpahan tahap Dua adalah penyidik menyerahkan tersangka dan barang bukti. Proses penuntutan terhadap mereka tidak lama lagi digelar di Pengadilan Tipikor Mamuju,” pungaksnya Jamaluddin.

Dalam tahap Dua oleh pikak Kejaksaan Negeri Majene, langsung melakukan penahanan dan penahanannya dititipkan di Rutan Polres Majene.

Pelakssanaan tahap Dua terhadap Dua Tersangka Korupsi DD dan ADD Desa Ba’babulo, terlihat didampingi penasehat hukumannya ( PH ). |Adji

Artikel ini telah dibaca 19 kali

Baca Lainnya