Celebes

Kamis, 28 Mei 2020 - 21:47 WIB

1 bulan yang lalu

logo

Kajati Sulbar Darmawel Aswar terlihat menyerahkan plakat ke Pimpinan BNI Caban Mamuju. Arfandi, setelah teken MoU.

Kajati Sulbar Darmawel Aswar terlihat menyerahkan plakat ke Pimpinan BNI Caban Mamuju. Arfandi, setelah teken MoU.

Kejati Sulbar Teken MoU dengan Pihak BNI Mamuju

SULBAR , pojokcelebes.com | Kejaksaan Tinggi ( Kejati) Sulawesi Barat ( Sulbar ). Kamis pagi (28/5), teken Memorandum Of Understanding ( MoU ) antara PT Bank Negara Indonesia ( BNI ) Persero TBK Kantor Wilayah Makassar SulSel dan Sulbar, dalam hal hubungan hukum Perdata dan Tata Usaha Negara ( PTUN ), yang berlangsung di kantor Kejati Sulbar.

Penandatanagan kerjasama ini disaksikan para Asisiten Kejati Sulbar serta para Kepala Kejaksaan Negeri ( Kejari ) se Sulbar dan pihak BNI, melalui Video Conference ( Vicon ). Bertujuan sebagai bentuk sinergitas kerja sama dan koordinasi mendukung tugas dan fungsi Kejati dan BNI, terutama bidang layanan hukum dan Perbankan.

Kajati Sulbar, Darmawel Aswar, berpesan dengan ditandatanganinya MoU ini merupakan pijakan hukum pihak Jaksa sebagai Pengacara Negara dari Kejati Sulbar, untuk mendampingi atau menjadi pengacara pihak BNI. Jika dikemudian hari terdapat persoalan hukum di bidang hukum perdata dan tata usaha negara, baik didalam maupun diluar pengadilan yang tentunya diawali pemberian kuasa khusus. Selain itu Jaksa juga bisa bertindak menjadi mediator maupun negosiator menjadi pihak penengah antara pihak lainnya dengan BNI.

” Setelah diteken MoU ini, Kejati Sulbar menjadi jaksa pengacara negara yang harus mendampingi pihak BNI yang sifatnya gratis. Dan bisa menjadi kuasa hukum atau konsultan hukum bagi instansi pemerintah pusat, daerah, BUMN dan BUMD. Perorangan tidak bisa namun hanya untuk konsultasi hukum gratis bisa melalui instrumen Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara, ” sebutnya.

Dalam rangka penandatanganan kerja sama ini dengan pihak BNI dengan tujuan dalam penyelesaian berbagai masalah perdata dan tata usaha negara. Kejaksaan justru butuh dukungan dari bank BNI dalam pelaksaan tujuan ini.

Pemimpin Cabang BNI Mamuju, Arfandi A.Djaropi yang menyaksikan langsung penandatanganan MoU ini, mengaku sangat mengapresiasi adanya kesepahaman antar kedua pihak yakni Kejati Sulbar dengan pihak BNI Cabang Mamuju.

” Disinilah kami membutuhkan peran Kejati Sulbar sebagai pengcara negara. Sehingga dengan kerjasama sudah terjalin ini, kita bisa lebih saling mendukung dalam pelaksanaannya,” pungkas Arfandi. | Adji

Artikel ini telah dibaca 2683 kali

Baca Lainnya