Advertorial

Jumat, 19 Juni 2020 - 23:10 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Penyerahan dana BLT DD sebanyak 600 Ribuper orang di Desa Karossa, 
Jumat pagi disaksikan langsung oleh Bhabinkamtibmas dan Bainsa setempat.

Penyerahan dana BLT DD sebanyak 600 Ribuper orang di Desa Karossa, Jumat pagi disaksikan langsung oleh Bhabinkamtibmas dan Bainsa setempat.

Lambat PMK, Namun Penyaluran BLT Tahap I Desa Karossa Lancar

MAMAUJU TENGAH, pojokcelebes.com | Meskipun mengalami keterlambatan proses penyaluran bantuan langsung tunai ( BLT ) yang bersumber dari dana desa ( DD ), akibat lambatnya peraturan menteri keuangan ( PMK ) soal kewajiban desa menggunakan dana desa ( DD ) . Namun sebanyak 267 penerima manfaat di Desa Karossa Kecamatan Karossa, hari ini Jumat pagi ( 19/6 ) bertempat di kantor Desa Karossa, resmi menerima dana BLT tahap Pertama yang disalurkan langsung oleh aparat pemerintah Desa Karossa .

Kades Karossa, Selereksi kepada pojokcelebes.com, hari ini mengatakan, meskipun sempat disorot publik pemerintah desa soal keterlambatan penyaluran BLT yang bersumber dari DD, namun kata Selereksi, dana BLT hari ini tuntas dibagikan tenpa kendala. Dan kata dia, tuntasnya penyaluran BLT ini merupakan semangat dukungan dari semua pihak. Dan kemungkinan pencairan tahap ke Dua akan digenjot dalam waktu dekat ini.

” Iya sempat kami disorot publik soal keterlambatan penyaluran BLT yang bersumber dari DD tahap Pertama. Namun kami bersyukur, hari ini dari 267 penerima manfaat tuntas mendapatkan dana BLT. Dan kemungkinan minggu – munggu ini, pencairan tahap Dua akan kami lanjutkan, kami akan pastikan kejar tayang yang penting rampung pertanggung jawaban pak, ” kata Selereksi.

Kades Karossa yang akrab disapa Pa’de itu mengaku, salahsatu alasan sampai lambatnya pencairan tahap Pertama BLT di Desa Karossa, ditengarai karena lambatnya keluar aturan peraturan menteri keuangan ( PMK ). Dimana kata dia, pada penggunaan dana pencairan pertama jauh sebelumnnya sudah tersusun rencana belanja desa, sehingga dana pada pencairan tahap pertama itu digunakan untuk kepentingan yang sudah diperuntukan termasuk pembiayaan penanganan Covid – 19 dalam Desa Karossa, seperti memaksimalkan posko – posko Covid – 19 dan penyemprotan. Dan ini kata dia, tidak bisa dirubah.

” Pencaiarana BLT di Desa Karossa sebenarnya tidak lambat hanya PMK lambat keluar, sehingga berdampak pada pencairan dana BLT tahap pertama di desa kami. Untuk pencairan dana pertama ya kami peruntukan pada program yang telah kami susun sebelumnnya sesuai dengan penggunaanya termasuk penanganan Covid – 19. Makanya kami tidak berani korek, kalau kami korek bisa – bisa kami bermasalah dengan masyarakat. Dan kami bersyukur dengan dana penanganan Covid – 19 yang menggunakan DD, kami mampu pertahankan zona hijau untuk Covid – 19, ” jelas Pa’de.

Masih Pa’de, sebanyak 267 jumlah penerima manfaat dana BLT yang bersumber dari DD itu diketahui hasil dari musyawarah tingkat Desa Karossa sebanyak Dua kali. Musyawarah yang dilakukan diikuti oleh aparat desa hingga para anggoata BPD tingkat Desa Karossa.

” jumlah penerima manfaat sebanyak 267 orang dan sudah menerima dana BLT 600 Ribu secara tunai. Jumlah penerima itu adalah hasil dari musyawarah tingkat desa sebanyak Dua kali. jadi benar – benar yang menerima manfaat BLT ini adalah masyarakat yang berhak, ” jelasnya.

Dilaporkan juga, dalam penyaluran BLT ini, selain apara Desa Karossa yang memantau langsung penyaluran BLT ini. Juga diawasi langsung Babinkamtibmas dan Babinsa. Bahkan penyaluran BLT ini , saat warga penerima tidak sempat hadir di kantor desa, panitia penyaluran BLT langsung mengantarnya untuk disrehkan langsung di rumah dengan dikawal Polisi dan TNI setempat. Penyaluran BLT yang berlangsung sejak pagi hari dan berakhir hingga menjelang sore tanpa ada riak. |Adji

Artikel ini telah dibaca 286 kali

Baca Lainnya