´╗┐

Celebes

Kamis, 9 Juli 2020 - 20:30 WIB

4 minggu yang lalu

logo

Soal Dugaan Bantuan Benih Padi Dikomersilkan, ini Kata Kadis Pertanian Kab. Majene

MAJENE, pojokcelebes.com | Soal adanya oknum nakal yang sengaja menjual bantuan pemerintah berupa benih padi di Kecamatan Malunda Kabupaten Majene, mendapat tanggapan Kadis Pertanian Kabupaten Majene, Burhan.

Kepada media ini, Burhan mengakui memang ada Dua kelompok tani ( Koptan ) yang diduga memungut biaya ke anggotanya dengan alasan biaya administrasi dan pengganti transportasi karena benih tersebut diantara ke setiap anggota Koptan. Selain itu ungkap Burhan, ditemukannya anggota Koptan yang menjual bibit padi ke petani sejumlah Dua sak atau dua kantong berat 5 Kg.

” Memang ada Koptan yang memungut biaya kepada anggota Koptan dengan alasan bayar administrasi dan pengganti┬átransportasi. Serta ditemukan juga Koptan yang menjual bibit padi ke petani sejumlah Dua sak,” sebut Burhan kepada pojokcelebes.com

Adanya oknum yang meminta tembusan uang ke petani di Kecamatan Malunda. Pihaknya memerintahkan agar uang harga bibit padi dikembalikan ke petani.

” Kami sudah mendatangi kelompok tani dan memerintahkan untuk dikembalikan dana yang telah dipungut. Dan ketua kelompok tani dan anggota kelompok tani tersebut sudah mengembalikan dana tersebut ke anggota kelompok yang dimintai biaya. ” ujar Burhan

Dia mengaku, bahwa ada memang petani yang memang belum paham semua persoalan. Dan ini menjadi tantangan bagi setiap penyuluh agar bisa dibina.

” Namun kadang – kadang juga ada Satu Dua petani yang belum paham semua persoalan. Dan inilah tantangan setiap penyuluh, agar petani yang seperti ini tidak berhenti kita bina untuk bisa menjadi lebih baik,” ujar Burhan.

Selain itu kata Pjs Sekda Majene itu mengaku, bahwa kinerja para penyuluh sampai saat ini selalu mendampingi petani untuk menjadi petani yang baik dan menjadi petani yang meningkat.

” Sasaran binaan penyuluh adalah petani,  baik perorangan maupun petani yang tergabung dalam koptan, tujuannya agar semua petani bisa berhasil dan meningkat, ” tutup Burhan.| Adji

Artikel ini telah dibaca 3690 kali

Baca Lainnya