Celebes

Sabtu, 11 Juli 2020 - 18:05 WIB

4 minggu yang lalu

logo

Benderanya Terbakar Saat Demo, HMI Merasa Terhina

POLMAN,pojokcelebes.com | Beberapa hari yang lalu himpunan mahasiswa islam Indonesia yang tergabung dalam Aliansi masyarakat Polman menggelar aksi unjuk rasa terhadap buruknya pelayanan di RSUD Polman yang mengakibatkan seorang ibu harus kehilangan bayinya di kantor bupati Polman, Kamis (09/07)

Beberapa menit kemudian saat aksi berlangsung, kericuhan pun tak terhindarkan karena satpol PP mencoba memadamkan api dari ban bekas yang dibakar oleh massa aksi.

Saat terjadi kericuhan, satu buah bendera milik organisasi himpunan mahasiswa islam ikut terbakar. Hal ini di benarkah oleh Muhammad Ridwan, koordinator lapangan saat aksi berlangsung. Dia mengatakan, dirinya sangat menyesalkan terbakarnya bendera organisasi HMI, serta beberapa anggota massa mengalami luka di bagian kepala.

” Terkait insiden saling dorong dengan satpol PP, massa aksi ada yang terluka di bagian kepala dan luka lecet dan yang paling di sesalkan terbakarnya satu lembar organisasi kami yakni HMI,”  Ucapnya

Ridwan menjelaskan, kronkronologi soal terbakarnya organisasi HMI hal itu terjadi karena satpol PP mencoba memadamkan api kemudian mendorong massa aksi dan membuat bendera organisasi HMI ikut terbakar.

Sementara itu ketua HMI Cabang Polman, Heri Dahnur Syam mengatakan, dirinya merasa terhina dan harga diri organisasi HMI terinjak – injak atas insiden terbakarnya bendera organisasinya saat aksi unjuk rasa berlangsung.

” Ini adalah hinaan terbesar bagi kami karena bendera kami ikut terbakar saat aksi” Ucapnya yang dihubungi via telfon Sabtu (11/07)

Ia juga menambahkan pihaknya sangat menyesalkan tindakan aparat saat melakukan aksi unjuk rasa.

Lebih lanjut Heri menuturkan saat ini pihaknya sedang mengkoordinasikan insiden terbakarnya benderanya ke Badko Sulselbar hingga ke pengurus besar HMI (PB HMI)

“Kami akan usut terkait pembakaran dan mengkoordinasikan ke Badko Sulselbar hingga pengurus besar,” Tutup Heri

Ditempat terpisah, kepala satuan Polisi Pamong Praja ( Satpol PP ) Polman, Aco Djalaludin pihaknya membantah jika penyebab terbakarnya bendera HMI karena kesalahan satpol PP saat bentrok  dengan massa aksi berlangsung.

” Dia ( massa aksi ) yang memukulkan tiang benderanya ke satpol PP dan mengenai Dalmas, sehingga menyebabkan bendera masuk ke dalam kobaran api, ” tuturnya. |RAH

Artikel ini telah dibaca 289 kali

Baca Lainnya