Celebes

Rabu, 19 Agustus 2020 - 09:56 WIB

6 bulan yang lalu

logo

BPJS – Ketenagakerjaan Mamuju : Dalam Waktu Dekat ini Pekerja Terima 600 Ribu Per Bulan

MAMUJU,pojokcelebes.com | Pekerja yang terdaftar menjadi ke anggotaan BPJS – Ketenagakerajaan berada di wiliyah Provinsi Sulawesi Barat ( Sulbar ) dengan gaji di bawah 5 jut. Siap – siap, karena dalam waktu dekat ini akan mendapat bantuan subsidi dari pemerintah senial 600 Ribu perbulan langsung ke rekening masing – masing. Hal itu, dikatakan oleh Kepala BPJS – Ketenagakerjaan Mamuju, Iman M. Amin.

Kepada media ini, Iman mengatakan, Pemerintah pusat telah menyiapkan dana 31,2 Triliiun yang diharapkan bisa jadi stimulus untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional.

“Pemberian gaji kepada 15 juta pekerja seluruh Indonesia ini yang memiliki upah di bawah 5 juta. Dalam waktu dekat ini akan dibayarkan langsung ke rekening mereka senilai 600 Ribu rupiah, ” sebut Iman.

Dia mengatakan, untuk di Sulbar sendiri pekerja penerima subsidi terdampak Covid – 19 yang terkumpul rekeningnya sudah mencapai kurang lebih 26 Ribu milik pekerja, dan natinya akan dikirim ke pusat dan dipatikan dalam waktu dekat ini, akan dilakukan pencairan secara serentak.

Masih dia, yang berhak mendapat bantuan ini adalah pekerja yang menjadi anggota aktif BPJS -Ketenagakerajaan yang bergaji 5 Juta kebawah, pekerja dari kalangan swasta atau non – PNS dan BUMN yang masih aktif.

“Pekerja dari kalangan swasta yang masih aktif BPJS Ketenagakerjaan dan bukan PNS atau BUMN, ” jelas Iman.

Lanjut kata Iman, tujuan pemerintah meluncurkan program bantuan gaji tambahan untuk para pekerja ini adalah mendorong konsumsi masyarakat saat pandemi Corona – 19.

“Ini penting dilakukan untuk menggerakkan ekonomi dan mendorong pemulihan ekonomi,” katanya.

Adapun syarat mendapatkan bantuan untuk pekerja dengan gaji di bawah 5 Juta. Seperti yang disebutkan Menteri BUMN, bantuan kepada para pekerja tersebut akan diberikan apabila memenuhi syarat. Berikut penjelasannya:

Syarat pertama, pekerja tersebut memiliki gaji di bawah Rp 5 juta per bulan.

Syarat kedua, pekerja tersebut merupakan peserta BPJS Ketenagakerjaan yang masih aktif.

Syarat ketiga, iuran BPJS Ketenagakerjaan yang dibayar oleh pekerja tak lebih dari Rp 150 ribu per bulan.

Syarat keempat, pekerja yang berhak mendapatkan bantuan, bukan yang sudah di-PHK, namun masih aktif bekerja.

Syarat kelima, bantuan diberikan kepada pekerja non-PNS dan BUMN. Fokusnya adalah karyawan dari perusahaan swasta.| Adji

Artikel ini telah dibaca 520 kali

#WARTA FOTO
FOTO IRIGASI TOMMO
Baca Lainnya