Celebes

Selasa, 1 September 2020 - 16:19 WIB

6 bulan yang lalu

logo

Seorang Pegawai Postif Covid – 19, Kantor Camat Anreapi Tutup

MAMUJU, pojokcelebes.com | Seorang Pegawai Camat Areapi, Kabupaten Polewali Mandar, inisial MA (39) dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil swab pada tanggal senin (31/08)

Sebelumnya, MA dinyatakan reaktif berdasarkan hasil rapid test beberapa hari lalu daj dilanjutkan dengan pemeriksaan Swab dan hasilnya dinyatakan positif terkonfirmasi covid-19.

Hal itu berdasarkan keterangan Kepala Puskesmas Anreapi, Indrawati Rahim kepada sejumlah awak media saat dikonfirmasi di Kantor Camat Anreapi, Selasa (1/9/2020) siang tadi.

Saat ditanya mengenai posisi jabatan yang duduki oleh MA yang konon merupakan camat Anreapi Indrawati enggan menyebutkan jabatan pasien.

“Kami tidak bisa menyebutkan jabatannya,  yang pasti inisialnya MA,” katanya.

Indrawati menjelaskan, istri MA dalam kondisi hamil tua dan sudah akan melahirkan dan rencananya akan dirujuk ke RSUD Polman.

Sebelumnya istri MA pernah menetap di Makassar, baru sebulan terakhir berada di Makassar dan baru sebulan terakhir berada di Anreapi dengan tujuan ingin melahirkan di sini

Namun saat akan melakukan persalinan, sesuai prosedur tetap (Protap)  penanganan covid-19, ibu hamil yang ingin melahirkan, sebelum dilakukan rujukan,  terlebih dahulu dilakukan rapid test.

Alhasil istri MA dinyatakan reaktif rapid test dan dilanjutkan pemeriksaan Swab pertama namun hasilnya negatif, sat ini istri MA masih menunggu hasil pemeriksaan Swab ke dua

Setelah istri MA dinyatakan reaktif rapid test, MA juga dilakukan rapid test dan dinyatakan positif.

“Hari itu kami menelpon ke Dinkes, dan kemarin dilakukan swab, hasilnya positif,” jelas Indrawati yang juga Dokter Gigi.

Namun untuk istri MA lanjut Indrawati, sesuai hasil swab pertama dinyatakan negatif. Tetapi masih akan dilakukan swab kedua.

Lebih jauh Indrawati menjelaskan, sesuai hasil tracking yang dilakukan pihaknya, MA dinyatakan memiliki riwayat perjalan dari luar daerah sebulan yang lalu.

Selain itu, MA juga dikabarkan sering menerima tamu dari di rumahnya, sehingga ada kemungkinan terjadi transmisi lokal. 

Saat ini MA kata dia, tengah menjalani isolasi mandiri, namun jika memungkinkan, MA akan dirawat di RSUD Polman.

Guna mengantisipasi adanya klaster baru di Kantor Camat itu, Puskesmas Anreapi melakukan sterilisasi dengan menyemprotkan disinfektan ke setiap ruangan.

Penyemprotan ini direncanakan akan dilakukan selama dua hari, yakni dimulai hari ini dan besok.

“Hari ini disterilkan dan besok juga, pegawainya diliburkan selama satu minggu, ” kata Indrawati.

Selain melakukan penyemprotan, Puskesmas Anreapi juga kata Indrawati, akan melakukan swab massal kepada staf kantor camat.

Sebelum akhirnya dinyatakan positif covid-19, di Kantor Camat Anreapi sempat menjadi tempat penyaluran bantuan langsung tunai.

Terkait itu, Indrawati mengatakan saat penyaluran BLT, Camat Anreapi sedang mengantar istrinya bersalin.

Sehingga belum dapat dipastikan memiliki kontak erat dengan masyarakat.

“Yang pasti sekarang kami melakukan tracking kepada keluarganya dan teman satu kantornya.

Setelah ini kita akan melakukan tracking ke masyarakat,” sambungnya.

Masih indrawati rahim, saat hasil Swab MA dinyatakan positif Covid kantor camat Anreapi di liburkan selama tujuh hari guna dilakukan sterilisasi.| Rah

Artikel ini telah dibaca 2093 kali

#WARTA FOTO
FOTO IRIGASI TOMMO
Baca Lainnya