Politik

Sabtu, 5 September 2020 - 15:27 WIB

6 bulan yang lalu

logo

KPU Sebut Nama Lengkap Calon Bupati Sutina Butuh Perbaikan

MAMUJU, pojokcelebes.com | Pendaftar pertama pasangan calon bupati dan wakil bupati Kabupaten Mamuju, Sutina- Ado, ke KPU Mamuju, terbilang sukses. Semua berkas persyaratan yang dibutuhkan KPU untuk kelengkapan sebagai calon bupati dan wakil bupati, semuanya diterima oleh pihak penyelenggara Pemilu Kabupaten Mamuju.

Meskipun terbilang berkas kelengkapan lengkap, namun nama lengkap sang calon bupati Sutina masih disoal KPU. Pihak KPU menilai nama lengkap Sutina dalam rekomendasi usungan B1. KWK dari partai PKS berbeda dalam nama lengkap dalam KTP elektrik Sutina.

” Ada perbedaan nama yang tercantum di KTP elektronik dengan nama yang tercantum dalam B1 KWK Parpol PKS itu cuman tertulis Sutina Suhardi. Dalam KTP elektronik ada nama Siti Sutina Suhardi. Dan memang harus sama nama yang tercantum, makanya pihak KPU meminta agar pihak PKS melakukan perbaikan, ” kata Ketua KPU Kabupaten Mamuju, Hamdan Dangkang, kepada pojokcelebes.com, usai acara pendaftaran pasangan Tina Ado.

Masih dia, adanya perbedaan nama Sutina dalam B1. KWK, dengan nama KTP elektronik, KPU Mamuju memberikan waktu perbaikan sampai besok hingga pukul 00.00 Waktu setempat atau jam 1200 malam. Soal ini kata dia, KPU Kabupaten Mamuju sudsh koordinasi dengan pihak KPU RI pada devisi teknis tangani pencalonan dan memberikan solusi untuk membuat surat pernyataan.

” perbaikan itu, dia sampai besok pukul 00.00 atau jam 12 malam. Kami juga sudah koordinasi pihak KPU RI pada devisi teknis yang memang tangani pencalonan, diberikan solusi untuk meminta DPC agar bisa komunikasi DPP untuk membuat surat pernyataan, bahwa nama yang tercantum dalam B1. KWK sama dengan nama yang tercantum dalam KTP elektronik,” jelas

Soal masih adanya kekurangan rekomendasi B1.KWK dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang memuat nama Siti Sutinah kurang lengkap. Ditanggapi santai Ketua Koalisi Mamuju Keren, Muhammad Reza. Kata Reza, kekurangan itu hanya kekeliruan nama, dimana nama lengkap Sutina yang tertulis sebenarnya Siti Sutina Suhardi, namun dalam B1. KWK tertulis Sutina Suhardi, kurang kata Siti.

“Terkait nama ibu Sutina dari dokumen B1.KWK Partai PKS ada kekeliriuan sedikit yaitu kurang lengkap nama, seharusnya Siti Sutina Suhardi namun dalam dokumen itu hanya tertulis Sutina Suhardi, kurang Siti,” jelas Ketua Koalisi Mamuju Keren, Muhammad Reza

“Terkait kesalahan tersebut akan segera diperbaiki oleh pihak PKS, dan itu tidak menjadi kendala berarti sebab secara administrasi Sutina Ado sudah terpenuhi baik dari jumlah kursi partai pengusung maupun dokumen partai yang lain,” pungaka Reza. | Adji

Artikel ini telah dibaca 4554 kali

#WARTA FOTO
FOTO IRIGASI TOMMO
Baca Lainnya