Politik

Kamis, 24 September 2020 - 19:56 WIB

5 bulan yang lalu

logo

Dua orang pendukung yang berbeda, di Pilkada Mamuju, memperlihatkan nomor urut Paslon jagoannya pasca pencabutan.

Dua orang pendukung yang berbeda, di Pilkada Mamuju, memperlihatkan nomor urut Paslon jagoannya pasca pencabutan.

Hari ini, 3 Kabupaten di Sulbar Cabut Nomor Urut Paslon, Kab. Mateng Kotak Kosong

MAMUJU, pojokcelebes.com | Sebanyak Empat kabupaten di Provinsi Sulawesi Barat ( Sulbar ), yang menyelenggarakan Pilkada serentak. Hari ini, Kamis ( 24/9 ), kembali mengikuti tahapan pencabutan nomor urut pasangan calon ( Paslon ) bupati dan wakil bupati yang diselenggarakan oleh masing – masing KPU.

Diketahui Empat kabupaten yang akan mengikuti kontestasi pemilihan kepala daerah ( Pilkada ) serentak di Provinsi Sulawesi Barat ( Sulbar ), adalah Kabupaten Mamuju, Kabupaten Majene, Kabupaten Mamuju Tengah dan Kabupaten Pasangkayu. Dan masing – masing kabupaten sudah memiliki paslon bupati dan wakil bupati yang baru saja ditetapkan oleh KPU lewat rapat pleno.

Hari ini, KPU kembali menetapkan nomor urut Paslon. Seperti di Kabupaten Mamuju, pencabutan nomor urut Paslon yang baru saja berlangsung di salah satu Hotel di Mamuju kota. Diketahui pasangan penentang calon bupati dan wakil bupati yakni Sutina Suhardi dengan Ado Mas’ud, pada pencabutan nomor urut mendapat nomor urut Satu ( 1 ). Sedangkan pasangan petahana, Habsi Wahid berpasangan dengan Irwan Pababari, mendapat nomor urut Dua ( 2 ).

Untuk Kabupaten Pasangkayu, yang memiliki Tiga Paslon bupati dan wakil bupati. Pada acara pencabutan nomor urut Paslon, nama Paslon Muhammad Saal dengan Musawir Azis Isham, mendapat nomor urut Satu ( 1 ), Paslon yang non partai ( Independen ) Abdullah Rasyid pasangan dengan Muhammad Yusri Nur, dapat nomor urut Dua ( 2 ). Sedangkan Paslon Yaumil Ambo Djiwa pasangan dengan Erni Agus, mendapat nomor urut Tiga ( 3 ).

Sementara di Kabupaten Majene, yang diketahui hanya Dua Paslon bupati dan wakil bupati yakni Patmawati Massiara, berpasangan dengan Lukman sebagai petahana mendapat nomor urut Satu ( 1 ). Sedangkan pasangan penentang calon bupati dan wakil bupati Majene, Ahmad Syukri Tammalele pasangan dengan Arismunandar Kalma, mendapat nomor urut Dua ( 2 ).

Berbeda hari ini tahapan KPU di Kabupaten Mamuju Tengah, diketahui hanya Satu Paslon atau kotak kosong. Nama paslon bupati dan wakil bupati yakni Aras Tammauni, pasangan dengan Muh. Amin Jasa, Keduanya bukan mencabut nomor urut Paslon namun mengikuti tata letak posisi surat suara paslon.

Dihubungi Divisi teknis KPU Mamuju Tengah, Suriadi Rahmat, bertempat di gedung Mellennial Topoyo, kata Suriadi, KPU Mamuju Tengah, juga hari ini menggelar tahapan Pilkada. Karena hanya Satu Paslon, kata dia, KPU menyelenggarakan tata letak posisi surat suara posisi Paslon yang hasilnya Paslon ini berada pada posisi sebelah kanan kertas suara.

“Hasilnya pasangan calon Aras Tammauni  pasangan dengan Amin Jasa, mencabut posisi kanan dalam surat suara dari sudut pandang yang melihat atau pemilih, ” singkat Suriadi. |Adji

Artikel ini telah dibaca 1294 kali

#WARTA FOTO
FOTO IRIGASI TOMMO
Baca Lainnya