Hukrim

Jumat, 13 November 2020 - 19:40 WIB

4 bulan yang lalu

logo

Gambar Ilustrasi dana Bansos.

Gambar Ilustrasi dana Bansos.

PCW Mateng, Sorot Oknum Pendamping Desa Diduga Kelola Dana Bansos

MATENG, pojokcelebes.com | Direktur Pemuda Corruption Watch ( PCW ) Kabupaten Mamuju Tengah ( Mateng ), Mustaming, kembali menyoroti penyaluran Bansos di Mateng yang dananya bersumber dari dana Marasa.

Sorotan itu tanpa alasan, karena adanya dugaan dana Bansos bersumber dari dana Marasa, dikelola oleh oknum pendamping desa, yang seharusnya tidak bisa dilakukan karena pendamping desa bertugas hanya memberikan petunjuk teknisnya, bukan malah mengambil alih kegiatan dari pemerintah desa.

Mustaming menyatakan dari hasil konfirmasi kepada Kepala Dinas PMD Sulawesi Barat Muh. Jaun mengakui, jika memang ada oknum pendamping Desa yang mengambil alih kegiatan di desa terkait pengadaan Sembako, tanpa persetujuan dari pemerintah desa. Kata Jaun, meminta kepada Mustamin untuk membuat laporan disertai dengan bukti.

“ Buatkan saja laporan resmi disertai bukti – bukti yang ada, saya pasti akan berhentikan itu pendamping. Kecuali Kades sendiri yang minta tolong sama pendamping untuk memfasilitasi, itu tidak ada masalah, tapi kalau pendamping sendiri mengambil alih belanjanya itu keliru dan tidak bisa. Ada petunjuk teknis Perka LKPP tentang pengadaan barang dan jasa di desa jelas sekali itu.” tegas Jaun

Apa yang disampaikan oleh Jaun kata Mustamin, mengaku anggaran Marasa masuk di batang tubuh APBD Desa, sehingga jika ada kegiatan Kepala Desa tidak sesuai Juknis berarti melanggar. Karena bantuan ini, dikelola sesuai berdasarkan petunjuk teknis si pemberi bantuan, kegiatannya harus sesuai hasil musyawarah, musyawarahnya itu dari menu yang disiapkan jadi tidak simerdeka Dana Desa.

Seperti diketahui, 30 persen anggaran program Marasa dialihkan untuk penanganan Covid-19. Dan Program Marasa ini untuk 30 persen, memang diperuntukkan penanggulangan kemiskinan. Orang pertama yang paling merasakan beban kemiskinan adalah kaum orang tua yang tidak kuat bekerja lagi. Oleh sebab itu, anggaran Marasa sebesar 30 persen direfocussing untuk kegiatan PHBS dan Bansos ( Sembako ).ZUL

Artikel ini telah dibaca 1014 kali

#WARTA FOTO
FOTO IRIGASI TOMMO
Baca Lainnya