Politik

Kamis, 17 Desember 2020 - 07:36 WIB

3 bulan yang lalu

logo

Pasangna Sutina - Ado sebagai pasangan penetang, sebagai pemilik suara terbanyak di Pilkada Mamuju.

Pasangna Sutina - Ado sebagai pasangan penetang, sebagai pemilik suara terbanyak di Pilkada Mamuju.

Paslon Penentang Sutina – Ado Tumbangkan Petahana di Pilkada Mamuju 2020

MAMUJU, pojokcelebes.com | Pasangan calon ( Paslon ) bupati dan wakil bupati Mamuju, Sitti Sutina Suhardi dengan Ado Mas’ud, sebagai pasangan penantang, resmi tumbangkan petahana Habsi – Irwan Pababari di Pilkada Mamuju tahun 2020. Setelah KPU Mamuju, mengeluarkan hasil rilis akhir penetapan perhitungan suara,  Kamis ( 17/12 ) dini hari, lewat rapat pleno terbuka.

Diketahui hasil akhir yang ditetapkan dalam rapat pleno KPU Mamuju, nama pasangan nomor urut satu, Sitti Sutinah Suhardi dengan Ado Mas’ud, meraup suara pemilih sebanyak 76.627. Sementara pasangan nomor urut dua, Habsi Wahid bersama Irwan SP Pababari, hanya mampu meraih suara pemilih sebanyak 67.029.

Usai menetapkan hasil penghitungan suara Pilkada Mamuju tahun 2020, selanjutnya KPU bakal menetapkan pasangan calon terpilih pada Pilkada Mamuju tahun ini, namun pihak KPU masih menunggu jika tidak ada gugatan dari Paslon 02 ke Mahkama Konstitusi ( MK ). 

Ketua KPU Mamuju, Hamdan Dangkang menjelaskan, agenda penetapan suara lewat pleno terbuka sudah dilakukan. Dan agenda selanjutnya adalah penetapan Paslon terpilih jika tidak ada gugatan dari pasangan calon ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Kalau untuk penetapan calon, kami masih menunggu registrasi pelaporan dari MK,” terang Hamdan usai pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara, Kamis 17 Desember 2020.

Dijelaskan Hamdan, pasangan calon yang hendak menggugat hasil penghitungan suara tersebut mesti mendaftarkan gugatannya ke MK paling lambat tiga hari setelah penetapan hasil penghitungan suara itu ditetapkan.

“Selanjutnya MK akan memberikan daftar ke KPU RI tentang daerah mana yang ada gugatan, mana yang tidak ada gugatan. Kami akan menunggu itu. Pleno penetapan pasangan calon terpilih akan digelar paling lambat Tiga hari setelah diterimanya daftar registrasi dari MK itu,” jelas Hamdan Dangkang.

“Soal setiap keberatan yang membutuhkan campur tangan dari Bawaslu, kami telah meminta saran dari Bawaslu, baik itu dalam bentuk lisan maupun tertulis. Dan Alhamdulillah di forum pleno semua sudah dijelaskan. Termasuk solusi yang diambil,” pungkas Hamdan Dangkang.

Untuk mengetahui rekapitulasi hasil penghitungan suara secara detail, termasuk pengumuman hasil rekapitulasi penghitungan suara, Pilkada Mamuju tahun 2020, dapat diunduh di menu pengumuman.|Dji

Artikel ini telah dibaca 124 kali

#WARTA FOTO
FOTO IRIGASI TOMMO
Baca Lainnya