Celebes

Senin, 21 Desember 2020 - 09:52 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Amankan Natal dan Tahun Baru 2021, Polda Sulbar Terjunkan 393 Personil

MAMUJU, pojokcdelebes.com | Jelang perayaan Natal dan tahun baru 2021, Polda Sulawesi Barat ( Sulbar ) menggelar apel Gelar Pasukan dengan sandi Operasi Lilin Siamasei 2020 yang berlangsung di lapangan Ahmad Kirang Mamuju. Senin pagi ( 21/12 )    

Diketahui apel yang diselenggarakan secara serentak di seluruh Jajaran Kepolisian, merupakan momentum penting untuk meninjau kesiapsiagaan personel, melakukan pengecekan sarana dan prasarana pengamanan serta guna memperkuat soliditas para pemangku kepentingan yang dilibatkan dalam pengamanan hari Raya Natal dan Tahun Baru 2021. 

Apel gelar pasukan yang dipimpin oleh Kapolda Sulbar Irjen Pol. Eko Budi Sampurno dihadiri oleh Segenap Unsur Pimpinan, Para pejabat TNI, Polri, dan Instansi lainnya, serta para tokoh agama, pemuda dan tokoh masyarakat serta para tamu undangan dan peserta apel gelar pasukan.

Kapolda Sulbar melalui Kabid Humas Polda Sulbar, AKBP Syamsu Ridwan mengatakan seperti diketahui menjelang Natal dan pergantian Tahun baru 2021, merupakan momen yang akan dimanfaatkan oleh masyarakat untuk berkumpul bersama keluarga karena diiringi dengan libur Nasional.

Namun berbeda dengan perayaan sebelum – sebelumnya, karena saat ini diperhadapkan dengan masa pandemi Covid – 19, yang tentunya wajib menerapkan protokol kesehatan ( Prokes ) dengan tujuan menekan penyebaran virus yang mematikan itu. 

Untuk itu lanjut Ridwan, untuk tahun ini Polda Sulbar tidak akan mengeluarkan izin keramaian untuk kegiatan perayaan tahun baru 2021 dan melarang keras adanya kegiatan yang mengundang banyak orang atau berkumpul. 

“ Polda Sulbar dengan tegas tidak akan menerbitkan surat izin keramaian untuk kegiatan perayaan tahun baru, serta melarang kegiatan yang mengakibatkan terjadinya kerumunan massa. Kita harapkan masyarakat merayakan di rumah saja bersama keluarga.” tegas Ridwan

Selain itu Ridwan menyebutkan, operasi terpusat dengan sandi operasi lilin siamasei 2020 melibatkan sejumlah personil dalam pengamanan natal dan tahun baru. Disebutkan, untuk Polda Sulbar sendiri akan menerjunkan pasukan sebanyak 393 personil. Ditambah dengan pasukan TNI dengan jumlah 85 personil, Satpol PP 100 orang, Dinas Perhubungan 99 orang, Dinas Kesehatan 49 orang, anggota Pemadam Kebakaran ( Damkar ) 55 orang, Jasa Raharja 14 orang, Senkom 48 anggota, Orari 21 anggota, Organda 8 orang, PMI 7 anggota, Pramuka 70 personil, ASDP 2 orang, Basarnas 39 orang dan PLN 13 orang.     

Dia menambahkan, Polri telah menginventarisir beberapa potensi kerawanan diantaranya kejahatan konvensional yang meresahkan masyarakat, Potensi aksi terorisme, sweeping Ormas dan aksi intoleransi, kecelakaan transportasi, stabilitas Harga pangan serta kemacetan dan kecelakaan Lalu Lintas.

“ Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan Sinergi Polri dengan Instansi Terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman bagi Masyarakat yang akan melaksanakan Perayaan Natal 2020 dan Perayaan Tahun Baru 2021.” pungkas Ridwan. | Dji

Artikel ini telah dibaca 4546 kali

#WARTA FOTO
FOTO IRIGASI TOMMO
Baca Lainnya