Celebes

Selasa, 22 Desember 2020 - 10:15 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Wanita Tangguh di Masa Pandemi, TP PKK Imbau Kaum Perempuan Perhatikan Prokes Covid – 19

 

MASA pandemi saat ini tentu masih dirasakan dampaknya oleh sejumlah masyarakat, khususnya bagi masyarakat yang tidak berkecukupan dalam memenuhi kebutuhan sehari – hari.

Saat ini, hampir semua masyarakat yang ekonomi lemah benar – benar harus banting tulang guna bisa memenuhi kebutuhannya setiap hari meskipun harus bekerja keras siang dan malam.

Seperti yang dirasakan salah seorang ibu rumah tangga asal Desa Pulau Karampuang kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat ( Sulbar ). Namanya Indo’, yang setiap hari harus rela pulang pergi dari desanya ke kota Mamuju hanya untuk menjadi buruh cuci pakaian. Baginya jadi buruh cuci pakaian adalah pekerjaan yang sangat baik di masa pandemi ini yang bisa menopang kebutuhan keluarga kecilnya setiap hari.

“ musim corona ini mau tak mau harus kerja pak, harus bisa menghasilkan demi kebutuhan kami sehari – hari di rumah, “ katanya sambil tersenyum

Perempuan paruh baya ini sangat optimis bisa bertahan hidup di masa pandemi. Pekerjaan menjadi buruh cuci pakaian rumah tangga tidak begitu berat dilakoninya karena sangat didukung oleh keluarga kecilnya termasuk suaminya. Kata dia, pekerjaan suaminya yang juga setiap hari mencari ikan di laut, hasilnya bisa menjadi biaya tambahan untuk anak – anaknya yang masih bersekolah. Beruntung di masa pandemi ini, selain bisa menabung, pemerintah juga telah menyalurkan bantuan langsung tunai ( BLT ) yang kini sudah sangat dirasakan manfaatnya.

“ bapak nelayan pak, kalau ada hasilnya alhamdulillah bisa menjadi tabungan bagi anak – anak sekolah. Kami juga bersyukur karena kemarin kami juga merasakan BLT dari pemerintah, “ ujarnya.

Perempuan tangguh ini, patut diapresiasi yang tidak tinggal diam di rumah meskipun di tengah pandemi. Baginya, bekerja setiap hari adalah berkah yang harus disyukuri. Dan Hari ini, masyarakat Indonesia memperingati hari ibu ke 92 tahun. Dan hari ini juga istri dari gubernur Sulawesi Barat ( Sulbar ), yang juga ketua Tim penggerak PKK, Andi Ruskati, menyambangi kaum – kaum ibu dengan program anjangsana ke rumah – rumah ibu – ibu veteran.               

Ketua TP PKK Sulbar, didampingi Wakil Ketua Ikatan Adhyaksa Dharmakarini (IAD) Sulbar Ny.Yun Agustin bersama jajaran pengurus PKK dan IAD Sulbar melakukan anjangsana kepada salah seorang perempuan veteran yang merupakan  purna Kejaksaan di Jalan Sultan Hasanuddin, puncak utara kelurahan Binanga Mamuju .Selain itu , juga mengunjungi rumah Ketua Legiun  Veteran RI ( LVRI ), H. Rafiuddin di Jalan H. Abdul Malik Pattana Endeng, Rangas Mamuju, Senin 21 Desember 2020. 

Anjangsana tersebut dirangkaikan dengan penyerahan tali asih dari TP PKK bersama IAD Sulbar, berupa paket sembako sebagai bentuk kepedulian Pemprov Sulbar,  dan juga sebagai bentuk perekat tali silaturahmi.

“Kami sangat bersyukur kepada Allah SWT karena di hari yang luar biasa ini, kami bisa bersilaturahmi dengan bapak dan Ibu veteran. Saya sangat menyadari bahwa adanya saya dan Ibu pengurus-pengurus lainnya tidak akan bisa seperti sekarang ini jika bukan dari perjuangan veteran kita,”‘tutur Ruskati

Anggota DPR RI itu juga menuturkan, walaupun di masa pandemi seperti sekarang ini ,  tidak akan menyurutkan semangat untuk bersilaturahmi, karena semangat ini ditiru dari perjuangan para legiun veteran.

“Sebagai ketua Tim penggerak PKK saya juga menyampaikan permohonan maaf dari Gubernur Sulbar yang tidak sempat hadir karena ada urusan di luar daerah yang juga tidak kalah pentingnya. Kami bersama ibu – ibu PKK dan IAD Sulbar juga memohon maaf kepada yang lainnya tidak bisa berkumpul bersama – sama karena pandemi corona masih melanda. Jauh dimata dekat dihati, Insya Allah kita tetap saling merindukan satu dengan yang lain. Salam sehat semua, Semoga pandemi Covid -19 ini cepat berakhir dan kita semua selalu diberikan berkah kesehatan dari Allah SWT. Saya menghimbau kepada kita semua untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan ( Prokes ) dalam beraktivitas,” tutup Ruskati.***

Artikel ini telah dibaca 1120 kali

#WARTA FOTO
FOTO IRIGASI TOMMO
Baca Lainnya