Hukrim

Rabu, 23 Desember 2020 - 22:50 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Barang bukti obat dan kosmetik ilegal yang disita Balai POM Mamuju sejak tahun 2020.

Barang bukti obat dan kosmetik ilegal yang disita Balai POM Mamuju sejak tahun 2020.

Tahun 2020, Puluhan Obat dan Kosmetik Ilegal Berhasil Disita Balai POM Mamuju

MAMUJU, pojokcelebes.com | Balai Pengawasan Obat dan Makanan ( BPOM ) Mamuju Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar), menyita puluhan produk ilegal berbagai merek yang tidak memiliki izin edar dari BPOM.

Pengungkapan kasus produk yang melanggar izin edar, disampaikan dihadapan puluhan Media pada press rilis akhir tahun 2020 BPOM Mamuju, yang dihadiri langsung Kepala BPOM, Netty Nurmuliawati. Rabu ( 23/12 )  

“Produk yang berhasil kami sita seperti obat tradisional, kosmetik, pangan dan obat ilegal yang dijual salah satu pedagang di Majene Sulbar,” kata Netty Nurmuliawati, yang menjawab pertanyaan sejumlah wartawan. 

Netty Nurmuliawati mengungkapkan bahwa tidak menutup kemungkinan di daerah lain khususnya di Sulbar masih banyak beredar produk yang tidak memiliki izin edar.

“Kami harap masyarakat tidak mengkonsumsi atau menggunakan jika tidak memiliki izin edar,” katanya. 

Netty Nurmuliawati mengaku pihaknya masih terkendala dalam melakukan pengawasan produk yang dipasarkan secara online karena pemilik akun sering gonta – ganti akun. 

“Tidak gampang itu, karena ini hari kita dapat akunnya besok sudah hilang,” kata Netty Nurmuliawati.

Dia mengimbau kepada seluruh masyarakat Sulbar agar selalu waspada dan teliti saat membeli produk yang dijual dipasaran, baik itu makanan dan minuman, obat, kosmetik, dan obat tradisional.

“Caranya Cek Klik atau cek kemasan, cek label, cek izin edar dan cek kadaluarsa sebelum membeli,” katanya.

Dihadapan sejumlah wartawan, Netty memperlihatkan dan menyebutkan sejumlah nama – nama produk yang disita BPOM Mamuju, yakni Tawon Liar, montalin, ginseng kianpi pil, extra binahong. Glow Skincare, Lavina dan Loddzan. Sementara untuk pangan yakni Susu Milo, Apollo, F&N, serta obat Manjakani dan Seahorse Ghenshen.| ZUL

Artikel ini telah dibaca 1774 kali

#WARTA FOTO
FOTO IRIGASI TOMMO
Baca Lainnya