Hukrim

Jumat, 8 Januari 2021 - 16:46 WIB

2 bulan yang lalu

logo

Rusdianto yang duduk dikursi pesakitan yang menjadi terdakwa pelanggaran Pemilu.

Rusdianto yang duduk dikursi pesakitan yang menjadi terdakwa pelanggaran Pemilu.

Vonis Terdakwa Kadis Nakertrans Rusdianto, Pidana Denda 4 Juta Subsider 2 Bulan

MAMUJU, pojokcelebes.com | Kepala Dinas tenaga kerja dan transmigrasi ( Nakertrans ) Kabupaten Mamuju, Rusdianto yang menjadi terdakwa pelanggaran Pemilu 2020, akhirnya divonis bersalah oleh Majelis hakim Pengadilan Negeri ( PN ) Mamuju, dengan pidana denda 4 juta subsider 2 bulan penjara. Putusan ini, lebih ringan dari tuntutan JPU yang menuntut pidana denda 5 juta rupiah subsider 3 bulan. Jumat ( 8/1 )

Pembacaan putusan yang dibacakan oleh hakim ketua Nurlely, SH dengan dua anggota majelis hakim David dan Mawardi Rivai. Dalam materi putusan menyebutkan mengadili terdakwa terbukti bersalah dan meyakinkan melakukan tindak pidana sebagaimana dalam dakwaan terdakwa, menjatuhkan pidana denda 4 juta bila tidak bayar diganti 2 bulan kurungan penjara.  

“ saya kira itu putusannya ya, denda 4 Juta jika tidak dibayar diganti kurungan penjara 2 bulan, bagaimana apakah diterima atau masih pikir – pikir, “ singkat hakim ketua setelah membacakan materi putusan.

Dihadapan Majelis hakim, terdakwa Rusdianto yang menggunakan kemeja putih tidak banyak pertimbangnan dihadapan majelis hakim langsung menerima putusan ( inkracht ).

“ Iya yang mulia, saya terima , “ singkat Rusdianto.

Senada dengan jaksa penuntut umum ( JPU ), Arief Mulya Sugiharto, SH,MH bersama Yusriani Yunus dan Yusnita, mengaku putusan majelis hakim diterima karena diatas dari dua pertiga.

“ kami terima aja karena tidak jauh beda jumlah tuntutan kami yang lebih dari dua pertiga. Putusan denda 4 juta subsider 2 bulan sementara JPU tuntut kemarin 5 juta subsider 3 bulan, “ singkat Kasi Barang Bukti ( BB )  Kejari Mamuju.|Aji

Artikel ini telah dibaca 150 kali

#WARTA FOTO
FOTO IRIGASI TOMMO
Baca Lainnya